Wajib Coba ! Durian Unggulan Indonesia Yang Membuat Pecinta Durian Ketagihan

Redaksi Teras 9 2 19 Top kuliner
Wajib Coba ! Durian Unggulan Indonesia Yang Membuat Pecinta Durian Ketagihan

foto : Istimewa

terasjakarta.id - Indonesia yang memiliki iklim tropis adalah negara yang kaya akan buah-buahan. Salah satu yang khas dari Indonesia adalah durian. Buah berkulit tajam ini memiliki bau yang khas. Namun soal rasa, durian menjadi favorit banyak orang.

Ada banyak varietas durian di Indonesia. Jenis-jenis itu pun tampil dengan rasa tertentu sesuai dengan tempat asal durian tersebut dianam.

Apa saja jenis-jenis durian tersebut?

Durian Montong

Ini dia di raja durian, asli Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jadi bukan durian medan loh ya! Durian ini sangat terkenal karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum. Tak heran, Durian montong menduduki peringkat teratas sebagai durian termahal di Indonesia. Bentuknya yang lonjong memanjang dan runcing pada ujungnya tersebut, membuat satu buah durian montong bisa mencapai berat hingga 2-4 kilogram.

Durian Petruk


Durian yang terkenal dengan rasa manis sekaligus pahit ini, sangat populer di era tahun 80-an. Durian yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah ini memiliki ciri khas dengan biji yang kecil. Sehingga, kamu dapat puas menikmati buahnya, tapi jangan kaget bila agak sedikit kecut di lidah saat memakannya. Durian ini memiiki harum yang tajam. Namun, tak setajam durian montong. Buahnya ini memiliki bentuk yang lonjong seperti buah mangga dan memiliki kulit hijau kekuningan.

Durian Bokor


Durian yang memiliki duri yang tersusun jarang- jarang ini, adalah durian Bokor asal Majelengka. Dagingnya yang berwarna kuning muda, tebal, harum, dan juga halus, sudah pasti memiliki rasa yang manis. Sehingga, satu buah durian ini bisa mencapai berat hingga 3-4 Kilogram.

Durian Tembaga


Sama seperti namanya, durian ini memiliki warna seperti tembaga. Memiliki duri- duri yang lancip dan padat durian ini berasal dari Kampar, Kepulauan Riau. Warna buahnya yang kuning, dagingnya yang sangat halus dan berlemak, tentu memiliki aroma yang harum dan juga manis.

Durian Merah


Jangan terkejut dengan warnanya, warna merah pada durian ini asli dan bukan karena pembusukan. Durian asal Banyuwangi, Jawa Timur ini cukup menjadi andalan di tempat asalnya. Durian ini memang memiliki ukuran lebih kecil dari pada durian yang lainnya, tapi jangan salah sangka durian ini memiliki daging yang lebih tebal dari pada durian yang lainnya, dengan kadar alkoholnyayang rendah, rasanya yang manis dan legit, tentunya memiliki aroma yang cukup menggugah selera.

Durian Matahari


Warna kulitnya yang hijau kecokelatan, dengan duri yang tajam, jarang, dan agak bengkok. Durian ini berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Walau memiliki tekstur daging yang kering dan berserat halus. Namun, durian ini tetap terasa manis dan memiliki aroma yang harum saat memakannya.
Untuk para maniak Durian , Mana yang paling kalian sukai?

Related Post

Comment