Loading...

Advertisement

Mengenal Profesi Content Creator yang Digandrungi Kaum Milenial

Mengenal Profesi Content Creator yang Digandrungi Kaum Milenial
foto istimewa
Editor : Erwan Millenial Voice — Rabu, 13 Februari 2019 14:00 WIB
terasjakarta.id - Bila bertanya pada anak-anak saat ini, mungkin kita tidak akan menemukan profesi umum seperti “ingin menjadi dokter, guru, pilot, dan lainnya”. Profesi umum yang sering kita dengar dari anak generasi 90-an ini sudah sering ditemui sekarang. Bagi generasi milenial, profesi yang menjanjikan sekarang justru menjadi Content Creator. Yuk, simak pembahasan berikut seputar profesi Content Creator!


Content creator merupakan orang yang berprofesi untuk membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, atau suara. Profesi content creator saat ini memiliki banyak wadah untuk menampilkan karyanya. Misalnya adalah YouTube, Snapchat, Instagram, WordPress, Blogger,dan lainnya.


Mengutip dari loop.co.id, content creation artinya sumbangan informasi pada media apapun, terutama media digital. Konten di sini bisa berupa tulisan, suara, video, gambar, apapun itu baik yang sifatnya personal ataupun bagian dari pemasaran. Singkatnya, content creation adalah materi apa saja yang dibuat orang-orang di dunia internet. Artinya, profesi content creator merupakan orang-orang yang berkontribusi membuat konten.


Content creator juga harus bisa mengumpulkan ide serta data, kemudian melakukan riset untuk membuat konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah itu, mereka akan menghasilkan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan untuk memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuat konten.


Ada banyak tujuan yang harus dicapai, antara lain harus memahami segmentasi yang akan dituju, mengedukasi banyak orang, menghibur, memberikan informasi yang valid, hingga menyesuaikan konten dengan platform yang dipilih. Dalam hal ini, seorang content creator bisa menghasilkan karya untuk multi-platform dan mengevaluasi konten yang telah ditayangkan.


Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual. Selain itu, profesi content creator juga membutuhkan pengetahuan tentang teknik, peralatan, dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar, dan model.


Profesi content creator juga dituntut untuk bisa multitasking dalam berbagai macam hal, mulai dari soft skill hingga hard skill. Seorang content creator juga harus memiliki kemampuan menulis bahasa iklan yang menarik. Kemudian kemampuan berbahasa yang baik, bahasa nasional maupun bahasa asing yang relevan dengan brand.


Nah, itu tadi sekilas tentang profesi content creator. Jadi profesi content creator itu menyenangkan, ya. Tapi tidak semudah yang dipikirkan. Perlu kemampuan khusus agar banyak pengikut yang tertarik dengan konten yang disajikan. (Erwan)

Content Creator Millenial

Loading...

Related Post