Loading...

Advertisement

Sri Mulyani Beri Insentif Pemda yang Mampu Kurangi Sampah Plastik

Sri Mulyani Beri Insentif Pemda yang Mampu Kurangi Sampah Plastik
Editor : Melati News — Kamis, 21 Februari 2019 17:16 WIB
terasjakarta.id


Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memberikan apresiasi bagi pemerintah daerah (pemda) yang terbukti serius dan berprestasi dalam menangani dan mengelola sampah plastik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, daerah yang menunjukkan komitmen terhadap penanganan sampah akan dimasukkan dalam penerima dana insentif daerah (DID).

"Daerah bisa memformulasikan aturan agar kebiasaan penggunaan plastik ini bisa dikurangi. Kami akan melihat kalau makin daerah membuat peraturan daerah, sampah plastik nanti akan dimasukkan dalam daftar penerima dana insentif daerah," kata dia, dalam Rakernas, di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Kamis (21/1/2019).

"Ini supaya daerah juga berlomba-lomba membuat peraturan yang makin mengurangi penggunaan plastik," lanjut dia.

Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah telah menambah alokasi dana insentif daerah (DID) pada tahun ini. Berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah (APBN) 2019, alokasi DID ditetapkan sebesar Rp 10 triliun atau naik 17,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp 8,5 triliun.

Pemerintah pun telah menetapkan 4 kriteria utama yang harus dipenuhi daerah agar berhak mendapatkan dana insentif daerah atau DID. Selain itu, terdapat 11 kriteria kinerja yang harus dipenuhi.

"Akan kami bagi daerah yang memiliki prestasi 4 kriteria utama dan 11 kriteria kinerja. Dari yang 11 ini, kami tambahkan yang nomor terakhir untuk pengelolaan sampah plastik. Jadi sampah termasuk kriteria. Kalau bisa menangani sampah maka itu dianggap sebagai kinerja yang baik," tandasnya.

Sri Mulyani pemda sampah

Loading...

Related Post