Loading...

Advertisement

Kabut Asap Selimuti Kota Dumai, Ganggu Aktifitas Warga

Kabut Asap Selimuti Kota Dumai, Ganggu Aktifitas Warga
Editor : Melati News — Sabtu, 23 Februari 2019 07:50 WIB
terasjakarta.id


Warga Kota Dumai, Provinsi Riau mulai merasakan dampak kebakaran lahan yang terjadi di tiga kabupaten. Selain mengganggu jarak pandang yang hanya berkisar 800 meter, kabut asap juga mengakibatkan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sejumlah sekolah tidak maksimal, bahkan beberapa sekolah terpaksa memulangkan siswanya. 

Kepala SD 013 Dumai, Zahara mengatakan, seluruh siswanya terpaksa dipulangkan lebih awal dari jadwal yang ditentukan karen takut terkena dampak dari kabut asap. “Himbauan ini juga telah dikeluarkan Dinas Pendidikan sejak kemarin. Namun jika kondisi cuaca semakin memburuk anak-anak terpaksa diliburkan hingga waktu yang belum ditentukan,” katanya, Jumat (22/2/2019).

Kabut asap yang melanda Kota Dumai hingga saat ini terus menebal khususnya di pagi dan sore hari. Sedangkan di siang hari kabut asap menghilang. Kabut asap itu merupakan dampak kebakaran lahan gambut yang terjadi di Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis dan Dumai. Dari tiga kabupaten itu, kondisi paling parah terbakar terjadi di Kecamatan Rupat, Bengkalis.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai menyebut kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah mengganggu kesehatan masyarakat. Banyak warga di daerah tersebut yang terpapar penyakit karena menghirup udara tak sehat di sana.

Kepala Bidang Kesehatan Kota Dumai, Hafidz mengatakan, terjadi peningkatan pasien sudah terlihat sejak 13 Febuari 2019, saat Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai menetapkan status siaga karhutla. "Karena memang sudah berdampak kepada kesehatan masyarakat," kata Hafidz kepada wartawan di Kota Dumai, Riau, Kamis (21/2/2019).

Penyakit akibat kabut asap pun mulai melonjak per 13 Februari tersebut. Jika biasanya hanya 200 kasus, yakni pasien yang mengeluhkan batuk, flu dan radang tenggorokan, pada tanggal tersebut naik hingga 2011 kasus.

kabut asap dumai

Loading...

Related Post