Advertisement

Minggu, 24 Februari 2019 08:54 WIB

Kesalahan Ini Membuat IPK Rendah di Semester Pertama!

Melati —Millenial Voice
Kesalahan Ini Membuat IPK Rendah di Semester Pertama!
terasjakarta.id


Para mahasiswa baru saat ini sudah mulai perkuliahan di semester pertama. Meski begitu, sebagian dari mereka masih melakukan adaptasi terhadap kehidupan kampus yang menuntut setiap mahasiswa untuk mandiri.

Semester pertama merupakan titik awal mahasiswa untuk meraih IPK yang tinggi. Namun, tak jarang dari mahasiswa justru mendapat IPK rendah di tahun pertama. Nah, supaya IPK-mu tidak jeblok di awal kuliah, hindari kesalahan-kesalahan berikut ini:

1. Tidak belajar sampai ujian tiba

Materi yang dipelajari di bangku kuliah tak sama dengan saat sekolah. Dalam hal ini, mahasiswa tak cukup sekadar tahu, tetapi harus paham akan suatu konsep. Berhubung memahami memerlukan waktu yang relatif lama, jangan hindari belajar sistem kebut semalam (SKS) jelang ujian.

 


2. Terlalu sibuk dengan kehidupan asmara

Adalah hal yang wajar jika di awal masa kuliah kamu mulai menemukan tambatan hati atau pacar. Meski sedang dimabuk asmara, jangan sampai lupa pada tugas-tugas kuliah. Bijaklah dalam membagi waktu antara pacaran dengan kuliah. Jika perlu, tak ada salahnya kalau kamu turut mengajak pacarmu untuk belajar bersama.

3. Bolos kuliah

Absensi kuliah turut menentukan apakah kamu diizinkan mengikuti ujian atau tidak. Jika sering bolos, otomatis kamu tak bisa ikut ujian sehingga harus mengulang mata kuliah yang sama pada semester depan. Alhasil, kamu gagal mendapat IPK yang didambakan.

4. Manajemen waktu buruk

Menjadi mahasiswa yang kuliah-pulang tentu tak memberimu pengalaman. Oleh sebab itu, ikutilah berbagai kegiatan atau organisasi untuk menambah soft skill. Patikan kamu mengatur waktu dengan baik sehingga segala kegiatan di luar aktivitas kuliah tersebut tak mengganggu prestasi akademismu.

5. Pasif

Jangan jadi mahasiswa yang pasif selama di kelas. Duduk di depan dapat menjadi salah satu cara supaya kamu bisa berinteraksi dengan dosen. Hal ini akan memberi nilai plus tersendiri dalam mata kuliah tersebut.

6. Mengabaikan informasi

Pastikan untuk selalu memperbarui informasi, terutama mengenai kegiatan perkuliahan. Jangan sampai tak tahu jika ada kuliah pengganti atau tugas dadakan yang diberikan oleh dosen.

7. Salah strategi belajar

Belum menemukan formula belajar di awal masa perkuliahan adalah hal wajar. Untuk itu, manfaatkan keberadaan dosen pembimbing akademis untuk membantumu mengatasi permasalahan tersebut.

IPK

Loading...

Related Post



Comment