10 Makanan Khas Indonesia ini Terkenal di Dunia

Bungaeka 3 3 19 Top kuliner
10 Makanan Khas Indonesia ini Terkenal di Dunia

terasjakarta.id


Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan ragam kuliner yang mengagumkan. Kuliner Indonesia memang siap memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya.

Hebatnya lagi, Indonesia memiliki jenis kuliner yang sangat beragam. Bahkan, beberapa kuliner khas Indonesia ini telah mendunia dan disukai oleh masyarakat mancanegara. Saking lezatnya, beberapa makanan khas Indonesia ini telah menjadi favorit dan dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Keragaman rempah yang melimpah di Indonesia, membuat makanan-makanan di Indonesia memiliki cita rasa yang sangat menggoda. Berikut makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia.

1. Rendang

Makanan khas Indonesia satu ini merupakan olahan daging sapi yang diklaim menjadi makanan terlezat di dunia. Saat ini tidak begitu sulit untuk menemukan rendang di berbagai hotel dan restoran di seluruh dunia.

Tidak mengherankan jika kamu melihat bumbu-bumbu untuk membuat rendang dalam kemasan instan. Masakan yang dimasak cukup lama ini memang menggunakan bumbu dan rempah pilihan yang menjadikan rasanya berbeda dan sangat istimewa.

2. Tempe

Tempe merupakan makanan yang bisa dinikmati dalam berbagai varian menu, dari digoreng untuk lauk sampai dibuat sayur. Siapa sangka, tempe juga jadi primadona di Inggris.

Seorang warga Inggris, William Mitchell, jatuh cinta pada tempe saat datang ke Indonesia tahun 1995. Dia kemudian belajar tentang cara pembuatan tempe dan akhirnya membuka usaha kuliner tempe di Inggris. Hingga kini, usahanya pun laris.

3. Gado-gado

Makanan khas Indonesia ini terbuat dari aneka bahan berupa sayuran, kentang, tempe, tahu, telur ditambah sambal kacang. Tak heran jika gado-gado begitu menggugah selera.

Bahkan, menu ini cukup populer di Australia. Sejumlah restoran Indonesia di Negeri Kanguru itu menjajakan menu yang cukup laris ini. Para penikmatnya bukan hanya warga Indonesia di sana, tapi juga warga asli Australia. 

4. Ayam penyet

Makanan khas Indonesia yang satu ini sangat sederhana. Ya, karena hanya terdiri dari daging ayam, sambal, dan lalapan.

Yang membuat ayam penyet menjadi idola adalah lantaran harga yang murah tapi enak. Kelezatan ayam penyet ini juga digemari warga Singapura. Restoran yang menjual menu ini laris diserbu pembeli.

5. Nasi goreng

Makanan khas Indonesia ini bisa kamu temukan di berbagai negara. Nasi goreng juga menjadi makanan paling lezat dari Indonesia yang telah mendunia.

Sajian makanan satu ini cukup sederhana, yakni nasi yang dimasak bersama telur, daging ayam cincang, sosis dan rempah khas Indonesia. Tak heran jika nasi goreng telah berhasil memikat hati siapa saja, termasuk mantan Presiden AS Barrack Obama.

6. Sayur lodeh

Kalau berkunjung ke Jerman, tepatnya di Hamburg, kamu bisa menjumpai restoran Indonesia yang laris di sana. Uniknya, salah satu menu yang laris adalah sayur lodeh. Pelanggan restoran ini tidak cuma warga Indonesia di Jerman, tapi juga warga negara lain.

7. Sate ayam

Ada banyak sekali jenis sate di Indonesia, salah satu yang sangat terkenal adalah sate ayam. Wajar makanan khas Indonesia ini sangat mudah dijumpai di mana pun kamu berada.

Di Jepang tepatnya di Kota Beppu di Pulau Kyushu, seorang warga negara Indonesia mendirikan restoran yang menjual sate ayam. Tak disangka menu ini laris, tidak saja oleh orang Indonesia tapi juga warga Jepang.

8. Sop Buntut

Makanan khas Indonesia dari ekor sapi ini melalui proses yang sangat panjang sehingga rasanya menjadi sangat nikmat dan digemari. Pertama-tama, potongan ekor sapi ini diberi bumbu dengan rempah-rempah dan kemudian dibakar baru dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi.

Biasanya, Sop Buntut akan disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang seledri, tomat dan tidak lupa bawang gorengnya. Tapi siapa yang sangka, kalau Sop Buntut ini pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol dan menjadi favorit.

9. Gudeg

Makanan khas Indonesia dari olahan nangka muda yang dimasak dengan gula palem dan santan ini sering ditemukan di Yogyakarta. Rasanya yang manis pedas ini selalu ramai diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara.

Kuliner yang selalu menjadi favorit ini ternyata juga berada di Melbourne, Australia tepatnya di kawasan Clayton Road. Warung Gudeg yang berada di Melbourne ini merupakan salah satu restoran yang menyediakan gudeg asli Indonesia.

10. Bakso

Makanan khas Indonesia yang sangat mudah kita dapatkan di Indonesia adalah bakso. Bakso atau yang biasa dikenal dengan bahasa Inggris meatball (bola daging) memang sangat populer di beberapa negara.

Makanan khas yang berbahan dasar daging sapi atau ayam dengan campuran tepung ini sangat nikmat. Apalagi disantap bersama kuah kaldu yang kaya dengan rempah lokal, hingga bakso menjadi salah satu favorit para wisatawan asing saat berwisata di Indonesia.

Related Post

Comment