3.150 Mdpl, 'Warung Mbok yem" Jadi Warung Tertinggi di Indonesia

Bahar 11 3 19 Top kuliner
3.150 Mdpl, 'Warung Mbok yem

foto istimewa

terasjakarta.id - Bagi para pendaki yang pernah menjejakkan kaki di puncak Gunung Lawu pastilah tak asing dengan warung Mbok Yem. Warung unik ini dijaga seorang nenek paruh baya.

Nama Mbok Yem pastilah sudah akrab di telinga para pendaki Indonesia yang pernah ke Gunung Lawu. Warung sederhana ini seolah jadi obat penenang setelah para pendaki menempuh perjalanan panjang dengan medan yang berat.

Pemilik sekaligus penjaga warung ini namanya Wakiyem atau biasa disapa Mbok Yem. Ia bukanlah perempuan biasa, wanita berusia 60 tahun ini terbilang legenda karena sudah membuka warung di gunung sejak tahun 1980-an.

Warung Mbok Yem ini hanya berjarak beberapa meter saja dari puncak Hargo Dumilah, puncak tertinggi di Gunung Lawu. Sementara gunung di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memiliki tinggi 3.265 meter di atas permukaan laut.

Warung Mbok Yem ini terbilang sangat sederhana dengan dinding kayu tanpa cat. Tapi keberadaan warung ini diakui sangat membantu para pendaki.

Selain sebagai tempat berteduh, warung ini juga menyediakan berbagai menu sederhana namun nikmat. Menu ikonik warung ini adalah pecel, gorengan, mie instan dan berbagai minuman.

Foto: terasjakarta

Untuk memasok barang dagangan, Mbok Yem dibantu dua kerabat yang rutin mengantar bahan baku. Sementara untuk kebutuhan air, Mbok Yem mendapatkannya dari mata air Sendang Drajat yang berada tak jauh dari warung Mbok Yem.

Demi menjaga warungnya, Mbok Yem menetap di warung ini. Dahulu ia ditemani suami dan anak-anaknya namun kini ia berjualan sendiri usai sang suami meninggal dunia.

Seolah sudah terbiasa hidup di gunung, Mbok Yem hanya turun beberapa kali saja. Ia diketahui akan turun gunung ketika Idul Fitri atau saat ada keluarga yang menggelar acara hajatan.

Banyak pendaki yang salut dengan kegigihan Mbok Yem, pasalnya Gunung Lawu diketahui memiliki cuaca yang ekstrem. Kadang suhu di gunung ini mencapai -5 derajat Celsius.

Kalau mendaki ke Gunung Lawu, sempatkan mampir ke warung Mbok Yem ya. Cicip juga pecelnya yang legendaris.

Related Post

Comment