Pemkot Jaksel Berupaya Bangkitkan Budidaya Ikan Cupang

Erwan 14 3 19 News
Pemkot Jaksel Berupaya Bangkitkan Budidaya Ikan Cupang

foto istimewa

terasjakarta.id - Para pehobi ikan hias jenis cupang memadati lokasi kontes ikan cupang, di Jalan Margaguna Raya, RT 05/15, Kelurahan Gandaria Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.



Berbagai jenis ikan cupang dilombakan dalam ajangtersebut.



Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji mengatakan, ada 150 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Mereka terbagi dalam tiga kelas. Pertama untuk cupang jenis emerald, cant dan nemo; kedua untuk halfmoon, fancy dan koi; ketiga jenis giant, fancy dan koi.



"Ini merupakan salah satu upaya pemkot Jakarta Selatan untuk lebih membangkitkan budidaya ikan cupang," ujar Isnawa, Kamis (14/3).


Ketua Penyelenggara Kontes Ikan Cupang Hias, Suprianto menambahkan, terdapat dua juri yang menilai dari komunitas pecinta ikan cupang nasional yaitu Edi Sudrajat dan Kamal.


"Penilaian meliputi warna, bodi, performa dan ekornya. Hasilnya kami telah menetapkan 12 ikan menjadi juara satu, juara dua, juara tiga dan juara harapan di masing-masing kategori," ucapnya.


Peraih juara pertama jenis emerald/nemo, Dede mengungkapkan kegembiraannya. Sebab usahanya selama ini dalam merawat ikan cupangnya membuahkan hasil.


"Saya harus perhatikan kadar airnya, makanan saya khusus kasih jentik nyamuk, dan ukuran akuarium harus memenuhi standar. Saya pakai ukuran 30x20 sentimeter," tuturnya.



Menariknya, kontes ikan cupang hias ini tidak hanya didatangi para pehobi ikan cupang dari Jakarta saja. Seperti Riano Akbar (27), pehobi asal Bandung, Jawa Barat yang rela jauh-jauh datang ke Jakarta untuk mencari ikan cupang terbaik.



"Lagi cari yang emerald nemo, terutama mau cari yang ekornya eksotis. Karena dalam kontes biasanya banyak yang bagus-bagus ikanya,” tandasnya. (Erwan)

Related Post

Comment