8 Penyebab Tangan Mudah Berkeringat, Ketahui Agar Gak Terus Mengganggu

Bungaeka 14 3 19 Wow
8 Penyebab Tangan Mudah Berkeringat, Ketahui Agar Gak Terus Mengganggu

terasjakarta.id


Apakah kamu pemilik tangan berkeringat? Rasanya pasti tidak nyaman ya, karena apapun yang kamu pegang pasti basah. Belum lagi kalau harus bersalaman dengan orang, pastinya jadi minder. Isu itu ada penyebabnya lho.

Mau tahu apa saja penyebabnya? Ini dia penjelasannya!


1. Tanganmu memiliki kelenjar keringat

Perlu kamu ketahui, alasan utama kenapa tanganmu berkeringat adalah karena tanganmu memiliki kelenjar keringat. Kelenjar ini dapat memproduksi substansi kimia yang mempengaruhi aktivitas sel dan organ. Dalam kasus tangan, itu adalah keringat karena adanya kelenjar keringat.

2. Kondisi tanganmu yang berkeringat dinamakan hiperhidrosis

Tangan yang berkeringat bukanlah hal yang aneh jika kamu mengalami kepanasan, berolahraga dan hal-hal normal lainnya. Tetapi jika keringat itu diproduksi secara spontan, berlebihan dan sering, maka tubuhmu mengalami isu bernama hiperdrosis. Itu adalah sebuah kelainan yang menyebabkan kelenjar tubuhmu mengeluarkan banyak keringat.

3. Hiperhidrosis bisa datang dari genetik

Namanya adalah hiperhidrosis primer, ketika kamu sudah merasakan kasus ini sejak kecil. Hiperhidrosis tipe ini membuat tanganmu berkeringat tanpa alasan jelas, hingga menyebabkan apapun yang kamu pegang menjadi basah. Studi di University of California pada 2002 menunjukkan banyak penderita hiperdrosis merupakan bawaan dari genetik.

4. Bisa juga muncul akibat kamu berusaha melawan stres

Banyak dari kita memiliki tangan yang berkeringat gara-gara presentasi atau mengalami tekanan dari orang sekitar. Itu karena rasa stres memicu produksi hormon kortisol.

Hormon ini membantumu mengurangi stres tapi menaikkan suhu tubuh. Jika kamu berada dalam tingkat stres yang tinggi, tentu saja produksi keringatmu akan berlebih dan membuat tanganmu berkeringat.

5. Fobia sosial memberikanmu siklus tangan berkeringat lebih parah

Fobia juga bisa memberikanmu stres yang tinggi. Skenario kasus ini seperti sebuah siklus. Kamu malu karena tanganmu berkeringat dan pandangan itu membuat kamu berpikiran negatif akan dirimu sendiri, menyebabkan tanganmu semakin lebih banyak mengeluarkan keringat.

6. Gula darah rendah juga bisa jadi penyebab keringat di tanganmu

Kamu tahu, tubuhmu memerlukan asupan energi untuk bekerja dengan normal. Namun saat kamu memakan banyak makanan bergula atau tidak makan dalam waktu lama, gula darahmu akan menurun drastis. Itu akan memicu hormon epinephrine yang berguna menaikkan gula darah, tapi juga membuatmu berkeringat.

7. Tangan berkeringat mungkin bisa menjadi pertanda kamu alkoholik

Tak masalah kamu meminum minuman beralkohol, tapi terlalu banyak bisa mengundang isu ini. Itu karena alkohol membuat pembuluh darahmu melebar dan menyebabkan efek menghangatkan di area kulit. Hasilnya, produksi keringatmu menendang dan menyebabkan tanganmu basah.

8. Jangan lupa makan makanan pedas dan kopi juga bisa jadi penyebabnya

Bukan penyebab utama tangan berkeringat, namun bisa jadi pemicu hiperhidrosis. Bagi mereka yang sensitif sama hal-hal kayak gini, kafein dan makanan pedas bisa memperparah produksi keringat. Jadi kalau sudah tidak kuat, jangan coba-coba konsumsi makanan ini.

Sekarang kamu sudah mengetahui apa saja penyebab yang bisa membuat tanganmu berkeringat. Itu berarti sekarang kamu bisa mencoba mengatasi masalah ini. Jangan malu juga konsultasi ke dokter, kalau kamu merasa tidak bisa mengatasinya.

Related Post

Comment