Khasiat Timun untuk Kesehatan, Wajah dan Mata

Bungaeka 15 3 19 Wow
Khasiat Timun untuk Kesehatan, Wajah dan Mata

terasjakarta.id


Timun atau mentimun yang dalam nama ilmiahnya Cucumis Sativus Ladalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung air. Buah yang mengandung banyak air ini sangat mudah dijumpai di Indonesia.

Timun biasanya tumbuh di area dataran tinggi dengan suhu sekitar 21 hingga 27 derajat celcius. Walaupun demikian, banyak juga tanaman timun yang mampu bertahan dan tumbuh di daratan rendah. Bagi masyarakat, timun memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, wajah dan juga mata.

Buah timun dikenal sebagai buah yang mengandung banyak air. Dalam satu buah timun dapat memenuhi vitamin harian dalam tubuh manusia. Hal ini karena kandungan gizi yang terdapat dalam timun cukup banyak. Kandungan gizi yang membuat banyak orang mendapatkan manfaat timun antara lain:

1. Kandungan air yang baik untuk kulit

2. Asam folat

3. Antioksidan

4. Vitamin A

5. Vitamin B1

6. Vitamin C

7. Vitamin K

8. Biotin

9. Potasium

10. Magnesium

11. Kalium

12. Silika

13. Mangan

Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Timun memang telah dikenal oleh banyak masyarakat. Di dalam timun terdapat banyak kandungan gizi yang sehat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat timun bagi kesehatan manusia yang rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019).

1. Mencegah dehidrasi dan mengeluarkan racun dari tubuh

Kandungan air yang banyak terdapat pada timun dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Timun mengandung hampir 95 persen air, di mana sekitar 26 persen kebutuhan air di dalam tubuh manusia bisa didapat dari timun. Kandungan air pada timun dapat mendorong produksi air seni sehingga mampu membuang racun hasil dari hasil metabolisme tubuh.

2. Membantu tekanan darah tinggi dan menurunkan berat badan

Kalium yang terdapat dalam timun dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. kalium yang terdapat dalam timun dapat menetralkan zat sodium yang menjadi pemicu darah tinggi. selain itu manfaat timun juga baik untuk menurunkan berat badan karena jus timun dapat mengurangi kalori.

3. Memberikan kesehatan pada ginjal

Di dalam timun terdapat kandungan kalium, fluorin dan silikon serta mengandung kadar kalori yang rendah. Buah timun dapat membantu kerja ginjal dalam membuang sisa hasil metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat membantu ginjal dalam membuang lemak yang ada pada tubuh.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat timun bagi kesehatan lainnya juga dapat menjaga kekuatan tulang. Timun yang mengandung vitamin K baik untuk menjaga kekuatan tulang. Kamu bisa mengonsumsi air timun sehingga 22 persen asupan vitamin K akan masuk kedalam tubuhmu.

5. Menghambat berkembangnya sel-sel kanker

Manfaat timun yang tak banyak diketahui orang adalah timun dapat menghambat tumbuhnya kanker. Kanker yang dapat dihambat oleh timun seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker ovarium dan kanker rahim. Mampu menahan berkembangnya kanker disebabkan timun memiliki sifat anti tumor.

6. Biji timun dapat redakan radang tenggorokan dan obat cacing

Biji timun juga dapat kamu manfaatkan sebagai obat radang tenggorokan. Kamu bisa campurkan biji timun kedalam air garam lalu gunakan untuk berkumur. Biji timun yang mengandung racun alkoloid dapat digunakan untuk obat cacing bagi anak-anak.

Manfaat Timun Bagi Wajah

Kamu pasti kerap mendengar manfaat timun yang baik untuk wajah. Banyak masyarakat yang menggunakan timun sebagai masker.

Tak hanya itu, kini banyak produsen kecantikan yang menciptakan masker dan skincare lainnya yang berbahan dasar dari timun. Berikut manfaat timun bagi wajah:

1. Memperbaiki warna kulit wajah

2. Menghilangkan bintik-bintik hitam dan noda pada wajah

3. Mengecilkan pori-pori

4. Membantu kurangi minyak pada wajah

5. Meremajakan kulit

6. Mampu merawat wajah yang sensitif

7. Sebagai anti penuaan

8. Mengatasi kulit kering

Manfaat Timun Bagi Mata

Tak hanya bemanfaat untuk masalah kecantikan, manfaat timun juga bisa menjadi salah satu untuk merawat kesehatan mata. Berikut manfaat timun yang baik bagi kesehatan mata:

1. Mencegah iritasi pada mata karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan.

2. Membuat mata terasa segar dan menjaga kelembaban mata karena kandungan airnya.

3. Mencegah keriput pada area bawah mata karena timun mengandung vitamin E dan kalium.

4. Mengatasi masalah kantung dan lingkaran hitam pada mata.

5. Mengurangi bengkak pada mata.

Kamu bisa rasakan manfaat timun untuk mata dengan menempelkan irisan timun segar pada mata. Tempelkan timun pada mata sekitar 15 hingga 20 menit.

Timun tumbuh subur di Indonesia dan banyak masyarakat yang mengonsumsi buah timun. Selain mudah dijumpai dan harganya murah, kamu juga bisa merasakan berbagai manfaat dari buah timun ini.

Related Post

Comment