Beranda / Seleb

Saham SM Entertainment Resmi Dibeli HYBE

Terasjakarta.id - Jumat, 10 Februari 2023 | 12:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
HYBE beli saham SM Entertainment. (Foto/Dok. HYBE)

HYBE beli saham SM Entertainment. (Foto/Dok. HYBE)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Saham SM Entertainment dikabarkan telah resmi dibeli oleh induk agensi Big Hit Music, HYBE.

Dikabarkan, HYBE telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Lee Soo-man yang merupakan pendiri SM Entertainment.

Penandatanganan kesepakatan ini membuat HYBE menjadi petinggi dan pemegang saham terbesar di SM Entertainment.

Baca Juga : Lee Soo-man Bakal Tuntut SM Entertainment Terkait Bisnis Ilegal

Pada Jumat (10/2), HYBE mengumumkan bahwa secara resmi mereka telah mengakuisisi atau membeli saham 14,8 persen saham SM Entertainment yang dipegang oleh Lee Soo-man senilai 422,8 miliar won atau sekitar Rp5 triliun.

“Ini akan menjadi pengubah permainan di pasar musik pop global dengan menggabungkan kemampuan global kedua perusahaan,” kaya HYBE seperti diberitakan Sport DongA.

Sebelum HYBE mengakuisisi, Lee Soo-man merupakan pemegang saham utama di SM Entertainment dengan 18,46 persen.

Di luar kesepakatan HYBE dengan Lee Soo-man, induk sejumlah agensi besar itu telah mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi tambahan SM Entertainment dari pemegang saham minoritas.

Baca Juga : Rumah Mewah Eko Patrio Bikin Para Artis Takjub, Netizen: Anggota Dewan Gitu

Penandatanganan kesepakatan antara HYBE dan Lee Soo-man ini sebagai aksi balas dendam mantan produser SM Enertainment usai Kakao mengakuisisi menjadi pemegang saham terbesar kedua.

Kakao mengakuisisi saham 9,05 persen pada awal pekan ini setelah Lee Soo-man mengakhiri kontraknya dengan SM Entertainment. Kemudian, pendiri SM Entertainment itu pun mengecam dan mengambil tindakan hukum karena dinilai sebagai ilegal.

Diberitakan Soompi, perseteruan ini bermula saat Co-CEO SM Entertainment Lee Sung-soo dan Tak Young-jun mengumumkan visi mereka untuk SM 3.0 yang melibatkan pemutusan hubungan dengan Lee Soo-man.

HYBE merupakan induk yang menaungi sejumlah agensi besar, seperti Big Hit Music, Pledis Entertainment, Belift, Source Music, dan Ador dengan Bang Si-hyuk sebagai pendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link