Beranda / Seleb

HYBE Resmi Akuisisi Saham Lee Soo-man, Jadi Pemegang Saham Terbesar di SM Entertainment

Terasjakarta.id - Rabu, 22 Februari 2023 | 20:15 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
HYBE resmi mengakuisisi saham Lee Soo-man dan menjadi pemegang saham terbesar di SM Entertainment. (Dok.HYBE)

HYBE resmi mengakuisisi saham Lee Soo-man dan menjadi pemegang saham terbesar di SM Entertainment. (Dok.HYBE)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID – CEO HYBE, Park Ji-won mengumumkan bahwa perusahaannya, yakni HYBE telah menjadi pemegang saham terbesar di SM Entertaiment, Rabu (22/2).

Hal itu dikatakan Park Ji-won usai resmi mengakuisisi saham Lee Soo-man di SM Entertainment.

Pengumuman yang menyatakan HYBE resmi menjadi pemegang saham terbesar di SM Entertainment itu dibagikan melalui akun media sosial Twitter HYBE @hybeofficialtwt.

Baca Juga : 208 Staf SM Entertainment Buka Suara, Ogah Tunduk ke HYBE

“Yang terhormat SM Entertainment, karyawan, artis, serta pemegang saham, saya Park Ji-won, CEO di HYBE,” kata Park Ji-won dalam pembukaan pernyataan tertulisnya.

“Hari ini, 22 Februari 2023, HYBE menyelesaikan akuisisi 14,8% saham SM Entertainment yang dipegang oleh pendiri SM dan mantan kepala produser Lee Soo-man dan menjadi pemegang saham terbesar tunggal di SM,” sambungnya.

Park Ji-won menyampaikan bahwa HYBE telah menyelesaikan masalah antara Lee Soo-man dan SM Entertainment selama proses akuisisi saham.

Dalam pernyataannya, Park Ji-won berjanji akan membuat SM Entertainment menjadi perusahaan yang memiliki struktur tata kelola transparan dengan mengutamakan nilai pemegang saham.

Baca Juga : Co-CEO dan Manajemen SM Entertainment Buka Suara Setelah HYBE Beli Sahamnya

Park Ji-won juga memaparkan tiga poin komitmen antara HYBE dan SM Entertainment dalam menjalankan perusahaan.

Poin pertama merupakan inovasi kolaboratif berbasis mutual filosofi perusahaan, HYBE dan SM Entertainment telah berjaya dan menang di pangung global yang membuat keduana menjadi pelopor sekaligus raksasa di industri K-Pop.

Visi HYBE untuk menjadi perusahaan platform hiburan global berkaitan erat dengan tujuan SM 3.0 untuk melepas diri sebagai perusahaan hiburan global yang berpusat pada penggemar dan pemegang saham.

Selain itu, juga mengintegrasikan kemampuan kreatif HYBE dan SM Entertainment, serta budaya berorientasi konten akan menampilkan inovasi bersejarah dalam adegan global.

Baca Juga : Saham SM Entertainment Resmi Dibeli HYBE

Kedua, membiarkan otonomi lengkap karya kreatif berdasarkan sistem multi-label. HYBE menyebut telah berhasil mengoperasikan sistem multi-labelnya dengan memberikan otonomi kepada label masing-masing.

Park Ji-won menyampaikan bahwa faktor utama dibalik kesuksesannya adalah dengan menjamin otonomi penuh atas karya sang pencipta dengan penuh semangat.

“HYBE memang menghormati warisan SM Entertainment dan nilai-nilai kreatif. Kami akan berbagi model bisnis dan kapasitas jaringan kami dengan SM untuk membantu pekerjaan yang berbeda, kreatif memimpin dunia,” kata Park Ji-won.

Poin ketiga adalah melompat ke depan sebagai pengubah permainan di panggung global.

Baca Juga : HYBE Bantah Rumor Park Bo-gum Gabung ke Agensinya

Park Ji-won menuturkan, HYBE akan secara aktif mendukung usaha artis SM Entertainment dalam membuat kehadiran di industri musik global.

“Kedua perusahaan akan bekerja sama untuk membangun global ground di mana seniman kami dapat memperkenalkan musi music mereka,” ujar Park Ji-won.

Tak hanya memaparkan komitmen antara HYBE dan SM Entertainment dalam menjalankan perusahaan, Park Ji-won juga berjanji akan berbagi pengalaman yang dimilikinya agar mereka bisa menjadi dua perusahaan yang memimpin indutri K-Pop di kancah global.

Memimpin indusri K-Pop di kancah global, termasuk Amerika Serikat, Amerika Selatan, dan India.

Baca Juga : Lee Soo-man Bakal Tuntut SM Entertainment Terkait Bisnis Ilegal

Selain itu, HYBE juga bisa memanfaatkan kekayaan pengalaman SM Entertainment dari kesuksesan artis mereka di China, Jepang, serta Asia Tenggara.

Di akhir pernyataannya itu, Park Ji-won menyadari bahwa beberapa artis, karyawan, hingga pemegang saham SM Entertainment ada yang merasakah keresahan terhadap akuisisi ini.

Namun, Park Ji-won berusaha untuk sepenuhnya menghormati strategi pertumbuha SM 3.0 serta visi dan misi agensi tersebut.

Park Ji-won menyampaikan rasa penyesalannya kepada artis SM Entertainment yang mungkin merasa terganggu dengan adanya peristiwa ini. Sehingga, dirinya pun menghormati artis SM Entertainment sebagaimana artisnya di HYBE.

"Dengan memanfaatkan keahlian yang telah kami kumpulkan, kami akan melakukan yang terbaik untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk semua artis di bawah SM Entertainment,” ucap Park Ji-won.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link