Beranda / Seleb

Michelle Yeoh Menjadi Aktris Asia Pertama yang Menang di OSCAR

Terasjakarta.id - Senin, 13 Maret 2023 | 13:36 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Michelle Yeoh berhasil menjadi aktris Asia pertama yang memenangkan Piala Oscar dalam kategori aktris terbaik di Academy Awards ke-95. (instagram/@michelleyeoh_official)

Michelle Yeoh berhasil menjadi aktris Asia pertama yang memenangkan Piala Oscar dalam kategori aktris terbaik di Academy Awards ke-95. (instagram/@michelleyeoh_official)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Michelle Yeoh berhasil mencatatkan sejarah sebagai aktris Asia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan Piala Oscar 2023 untuk kategori aktris terbaik di Academy Awards.

Michelle Yeoh memenangkan penghargaan Piala Oscar 2023 tersebut berkat peran yang sangat memukau di film Everything Everywhere All At Once.

Keberhasilan Michelle Yeoh dalam meraih penghargaan Piala Oscar 2023 tersebut bukanlah hal yang mudah.

Baca Juga : Sempat Membantah, Sutradara The Glory Ahn Gil-ho Minta Maaf Pernah Melakukan Perundungan

Michelle Yeoh berhasil mengungguli beberapa nomine Piala Oscar 2023 lain yang sangat berbakat seperti Cate Blanchett (Tár), Anna de Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), dan Michelle Williams (The Fablemans).

Kemenangan bersejarah Michelle Yeoh di Piala Oscar 2023 ini menandakan prestasi luar biasa seorang aktris Asia.

Selain itu, Michelle Yeoh juga menjadi aktris Asia Tenggara pertama yang berhasil meraih penghargaan Piala Oscar 2023 untuk kategori aktris terbaik.

The New York Times bahkan menulis headline "Michelle Yeoh Becomes First Asian Best Actress Oscar Winner" sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian yang luar biasa tersebut.

Baca Juga : Jennie-Rose BLACKPINK Dilempar Tisu saat Konser di GBK, Netizen Takut Mereka Trauma ke Indonesia

Tidak hanya itu, nama Michelle Yeoh dan Cate Blanchett menjadi trending topic di Twitter usai pengumuman pemenang kategori aktris terbaik Piala Oscar 2023.

Jika Cate Blanchett berhasil memenangkan penghargaan tersebut, ia akan menjadi salah satu aktris yang berhasil meraih tiga Piala Oscar.

Sebelumnya, Blanchett sudah meraih penghargaan aktris terbaik Oscar sebanyak dua kali melalui film The Aviator (2004) untuk kategori aktris pendukung, kemudian menang lagi di film Blue Jasmine (2013) untuk kategori aktris terbaik.

Baca Juga : Intip Kekayaan Member BLACKPINK Yuk, Siapa Paling Tajir?

Peran yang dimainkan oleh Michelle Yeoh di film Everything Everywhere All at Once sangat memukau.

Yeoh berhasil memerankan tokoh Evelyn Quan Wang dengan sangat baik. Tokoh yang diperankan olehnya adalah seorang ibu kelas menengah yang terperangkap di berbagai dimensi.

Sementara itu, lawan mainnya seperti Jamie Lee Curtis dan Ke Huy Quan berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori aktor dan aktris pendukung Piala Oscar 2023.

Kesuksesan Michelle Yeoh dalam meraih penghargaan Piala Oscar 2023 untuk kategori aktris terbaik menunjukkan bahwa aktris Asia juga mampu bersaing dan memberikan penampilan yang luar biasa di panggung internasional.

Baca Juga : Taylor Swift Gelar Tur Dunia, Kota di Amerika Ganti Jadi Namanya

Prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi aktris-aktris muda Asia yang ingin mengejar karir di industri hiburan global.

Michelle Yeoh Raih Penghargaan Golden Globe Pertama

Michelle Yeoh, aktris ternama asal Malaysia, berhasil memenangkan penghargaan Golden Globe Awards pertamanya dalam acara ke-80 yang diadakan pada 11 Januari 2023 di Beverly Hilton Hotel, California, AS.

Baca Juga : 5 Drama Populer Lee Do-hyun: Dulu Hanya Jadi Aktor Pendamping

Yeoh memenangkan kategori Best Actress in a Motion Picture-Musical or Comedy untuk perannya sebagai Evelyn Wang di Everything Everywhere All at Once di ajang Golden Globe Awards ke-80 tersebut.

Sebelumnya, Michelle Yeoh telah berkarier di Hollywood selama 40 tahun dan telah bekerja sama dengan sutradara ternama seperti Steven Spielberg, Rob Marshall, dan James Cameron.

Meskipun begitu, Yeoh menghadapi kendala dalam menemukan peran karena usianya yang semakin bertambah.

Namun, momen bersejarah akhirnya datang bagi Yeoh saat ia berhasil meraih penghargaan Golden Globe pertamanya di usianya yang ke-60.

Baca Juga : Mengenal Sosok Lee Do-hyun, Pemeran Joo Yeo-Jeong di Drama The Glory Season 2

Dalam pidatonya, Yeoh mengingat kembali momen ketika ia pertama kali datang ke Hollywood dan mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut.

Yeoh juga berterima kasih kepada A24 dan sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert karena telah mempercayakan peran kepada dirinya dalam film Everything Everywhere All at Once.

Ia mengatakan bahwa karakter yang dimainkannya sangat meresap dalam dirinya dan pada banyak orang karena perjuangan karakter tersebut untuk cinta dan keluarganya.

Baca Juga : Joo Won Dikabarkan Bintangi Drama Naughty Photo Studio

Selain itu, Yeoh juga menyampaikan pesan inspiratif kepada para wanita Asia yang ingin mengejar karier di industri film Hollywood.

Ia mengatakan bahwa meskipun menjadi minoritas di Hollywood, hal tersebut tidak menghalangi keberhasilan mereka jika mereka memiliki tekad dan semangat yang kuat.

Kemenangan Michelle Yeoh di Golden Globe Awards ke-80 adalah bukti bahwa usia dan latar belakang bukanlah penghalang dalam mencapai impian.

Ia merupakan contoh inspiratif bagi para wanita di seluruh dunia yang ingin mengejar karier di industri perfilman Hollywood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link