Beranda / Seleb

Kuasa Hukum Pastikan Ahmad Dhani Tak Punya Masalah Pribadi dengan Once Mekel

Terasjakarta.id - Jumat, 31 Maret 2023 | 20:44 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kuasa hukum Ahmad Dhani pastikan bahwa tidak ada permasalahan pribadi antara keduanya, walaupun Once dilarang membawa lagu-lagu Dewa 19 selama konser Dewa 19 berlangsung nanti. (instagram/@ahmaddhaniofficial)

Kuasa hukum Ahmad Dhani pastikan bahwa tidak ada permasalahan pribadi antara keduanya, walaupun Once dilarang membawa lagu-lagu Dewa 19 selama konser Dewa 19 berlangsung nanti. (instagram/@ahmaddhaniofficial)

Penulis : Riza Alamas
Editor : Riza Alamas

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID-- Ahmad Dhani melayangkan somasi terbuka kepada Once Mekel terkait larangan penyanyi tersebut untuk membawakan lagu Dewa 19.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh kuasa hukum Ahmad Dhani, Aldwin Rahadian pada hari Jumat, 31 Maret 2023 dalam konfrensi pers di kawasan Jati Padang, Jakarta Selatan.

Namun Aldwin mengatakan bahwa tidak ada permasalahan pribadi antara keduanya, dan memastikan pelarangan Once membawakan lagu Dewa 19 karena berkaitan dengan profesi mereka sebagai musisi dan pencipta lagu.

Ahmad Dhani pastikan konser Dewa 19 di Stadion Siliwangi, Bandung tanpa Once Mekel. (instagram/@ahmaddhaniofficial)

Ahmad Dhani melalui kuasa hukumnya akan melayangkan somasi terbuka kepada Once Mekel terkait pelarangan Once membawakan lagu Dewa 19. (instagram/@ahmaddhaniofficial)

Aldwin juga menjelaskan bahwa kualitas pertemanan Once dan Dhani tetap terjaga, somasi ini hanya sebatas bagian dari profesi mereka saja.

Baca Juga : Ahmad Dhani Layangkan Somasi Terbuka ke Once Mekel, Larang Bawakan Lagu Dewa 19

Namun dirinya tidak menjelaskan lebih terkait intensitas komukasi diantara Once dan Dhani, walaupun sebelumnya Once sudah di-warning namun hanya sebatas candaan 'wah ini gak pernah minta izin, gak pernah kasih royalti'.

Pihak Ahmad Dhani juga tidak akan segan untuk membawa Once ke jalur hukum apabila mantan vokalis Dewa 19 tersebut tetap menyanyikan lagu-lagu Dewa 19.

Aldwin pun menjelaskan dasar hukum somasi terbuka kepada Once tersebut dengan mengacu Pasal 99 Peraturan Perundang-undangan Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Rolayti Hak Cipta Lagu dan atau Musik.

Baca Juga : Tanggapan Once Mekel soal Larangan Ahmad Dhani Bawakan Lagu Dewa 19

Selain itu ada juga Pasal 80 Undang Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta tentang Pemberian Izin/Lisensi harus dalam bentuk tertulis, karena akan dicatatkan oleh Menteri dan digunakan untuk melaporkan kepada LMKN melalui Sistem Informasi Lagu dan Musik atau SILM.

Aldwin mengatakan bahwa ketika kemudian ini dilarang, maka akan ada konsekuensi hukum pidana Pasal 113 Hak Cipta dan ada ancaman pidananya.

Pihak Once pun menanggapi hal tersebut dengan menegaskan bahwa tak akan membawakan lagu Dewa 19 lagi setelah dilarang Ahmad Dhani.

Once mengatakan bahwa dirinya tak akan membawakan lagu Dewa 19 kecuali pada lagu dimana dia ikut berkontribusi dalam lagu Cemburu.

Baca Juga : Ahmad Dhani Ungkap Alasan Tak Ada Nama Once untuk Konser Dewa 19 di Bandung

Sebelumnya, Once Mekel saat ini tengah menjadi sorotan publik usai Ahmad Dhani mengeluarkan larangan untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19.

Terkait hal tersebut, Once Mekel pun buka suara untuk menjawab persoalan yang tengah terjadi dengan Ahmad Dhani.

Once Mekel mengatakan bahwa dirinya tak bersalah soal menyanyikan lagu Dewa 19 dan menyebut bahwa dirinya membawakan lagu Dewa 19 karena diminta oleh pihak penyelenggara atau EO.

Baca Juga : Once Buka Suara Usai Disebut Tak Bayar Royalti ke Dewa 19

Sementara itu, menjawab soal royalti, Once Mekel mengaku tidak akan membayar ke Ahmad Dhani karena bukan hal tersebut bukan menjadi tanggung jawabnya.

Once Mekel menyebut sudah ada pihak yang bertanggung jawab atas pembayaran royalti tersebut.

Once mengatakan pihak yang bertanggung jawab kebapa Lembaga Manajemen Kolektif atau Lembaga Manajemen Kolektif Nasional adalah EO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link