Beranda / Seleb

Once Bertemu Ahmad Dhani di Mediasi, Janji Tidak Akan Bawakan Lagu Dewa 19

Terasjakarta.id - Rabu, 19 April 2023 | 15:30 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Once Mekel dan Ahmad Dhani bertemu saat mediasi di Kementerian Hukum dan HAM. (Instagram)

Once Mekel dan Ahmad Dhani bertemu saat mediasi di Kementerian Hukum dan HAM. (Instagram)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Once Mekel mantan vokalis Dewa 19 mengatakan tak akan menyanyikan lagu miliki Dewa 19 lagi saat bertemu Ahmad Dhani.

Once Mekel dan Ahmad Dhani baru saja bertemu saat mediasi bersama para musisi di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan.

Kedatangan dua musisi ini Once dan Ahmad Dhani membahas penggunaan lagu dan sistem royalti menurut UU Hak Cipta No. 28 Tahun 2014.

Dalam pertemuan itu, Once secara terang-terangan di hadapan Ahmad Dhani menegaskan tidak akan membawakan lagu yang diciptakan oleh Ahmad Dhani dalam penampilannya.

Baca Juga : Once Bantah Tudingan Penyanyi Mahal dari Ahmad Dhani, Masih Banyak yang Lebih Mahal

"Saya engga akan lagi bawain lagunya Dhani, baik sendiri maupun bersama Dewa 19, dalam waktu yang tak ditentukannya." ungkap Once pada Selasa, 18 April 2023.

Keputusan yang dikatakan Once merupakan keputusan pribadinya, yang tidak terkait penerapan hukum atau ketentuan yang berlaku di pembahasan bersama Ahmad Dhani di Kementerian Hukum dan HAM.

Ahmad Dhani sang pemilik lagu Dewa 19 juga menanggapi bahwa setiap orang berhak meminta izin penggunaan lagu, merujuk pada PAsal 9 UU Nomor. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Baca Juga : Once Sakit Hati Tidak Boleh Bawakan Lagu Dewa 19 oleh Ahmad Dhani

"Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang saham dilarang melakukan penggandaan/penggunaan secara komersial ciptaan".

Dari pasal itu tertera jelas pelarangan bagi pelaku yang tidak memiliki izin pencipta dilarang penggunannya secara komersial.

Sebelumnya, Once Mekel diketahui membawakan lagu miliki Dewa 19 karena diminta oleh suatu panitia event organizer (EO).

Baca Juga : Kuasa Hukum Pastikan Ahmad Dhani Tak Punya Masalah Pribadi dengan Once Mekel

Penampilannya membawa lagu  Dewa19 kemudian membuat pencipta lagu melayangkan somasi padanya utnuk tidak membawakan lagu yang diciptakannya itu.

Masalah ini kemudian berbuntut pada bayaran royalti. Pada saat itu, Ahmad Dhani mengatakan bahwa masalah izin membawakan lagu Dewa 19 dan royalti adalah ranah penyelenggara acara, bukan Once.

Sehingga, dalam hal tersebut dirinya menegaskan bahwa kewajiban membayar royalti bukanlah tanggung jawab penyanyi tersebut, melainkan pihak penyelenggara.

Baca Juga : Ahmad Dhani Ungkap Alasan Tak Ada Nama Once untuk Konser Dewa 19 di Bandung

Hal ini juga disampaikan Ahmad Dhani, bahwa once tidak berkewajiban membayar royalti.

Upaya yang dilakukan Ahmad Dhani bertujuan untuk menjaga kemurnian dari konser-konser Dewa 19 yang sebentar lagi akan diadakan usai Lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link