Beranda / Seleb

Kim Tae Ri Minta Maaf Soal Kontroversi Cari Penerjemah Vlog Gratis, Disebut Eksploitasi Penggemar

Terasjakarta.id - Selasa, 23 Mei 2023 | 23:36 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kim Tae Ri minta maaf soal kontroversi eksploitasi penggemar, disebut cari penerjemah konten vlog gratis. (Foto: Instagram @kimtaeri_official)

Kim Tae Ri minta maaf soal kontroversi eksploitasi penggemar, disebut cari penerjemah konten vlog gratis. (Foto: Instagram @kimtaeri_official)

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Kim Tae Ri minta maaf soal kontroversi yang baru saja menyangkut namanya.

Karena banjir kritikan dari netizen, khususnya netizen Korea, Kim Tae Ri memberikan pernyataan terkait hal ini.

Kontroversi yang terjadi adalah Kim Tae Ri disebut meminta penggemar membuat terjemahan subtitle untuk vlognya secara gratis.

Baca Juga : Yoo Ah In Terancam Usai Kejaksaan Seoul Ajukan Surat Perintah Penangkapan

Kim Tae Ri mengunggah sebuah pengumuman di postingan Youtube yang mengatakan bahwa ia mencari kontributor penerjemah bahasa asing dengan menyebut proyek ini sebagai donasi bakat.

Konten vlog Kim Tae Ri yang berjudul "So This Is The Place?" ini menggunakan bahasa Korea, serta saat ini telah ditambahkan bahasa Inggris pada subtitelnya.

Kim Tae Ri juga menyebut bahwa penerjemah nantinya akan diberi credit berupa pencantuman email atau ID media sosial di akhir subtitel.

Karena hal inilah, netizen Korea mengkritik Kim Tae Ri karena menilai telah mengeksploitasi penggemar.

Baca Juga : Serial The Idol Terlalu Vulgar, Netizen Khawatir Peran Jennie BLACKPINK

Netizen berpikir bahwa Kim Tae Ri dan agensi tidak mau mengeluarkan uang dengan memberi kompensasi yang layak kepada penerjemah yang menerjemahkan vlognya.

Padahal, penerjemah juga merupakan profesi yang mengeluarkan tenaga, pikiran, dan waktu sehingga perlu mendapatkan bayaran yang layak.

Ditambah,netizen juga menuduhkan bahwa Kim Tae Ri dan agensi pasti menghasilkan banyak uang melalui konten dan proyek yang telah dibuat.

Baca Juga : Super Junior Dinobatkan Jadi Duta Pariwisata Arab Saudi

Postingan pengumuman ini pun telah dihapus dari Youtube. Meski begitu, Kim Tae Ri dan agensi masih dihujani kritikan pedas oleh netizen.

Agensi Klarifikasi dan Minta Maaf

Karena kritikan terus mengalir ini, Management MMM selaku agensi membuka suara dengan meminta maaf dan memberikan penjelasan terkait konten "So This Is The Place?" ini.

Pada unggahan Instagram resmi di akun @management_mmm, agensi meminta maaf atas kelalaian dan ucapannya yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Sosok Aktor Sang Heon Lee, Pemeran Min Ho dalam Serial Xo, Kitty

"Kami ingin menyampaikan posisi resmi kami perihal terjemahan subtitel "So This Is The Place?" tulisnya Selasa, 23 Mei 2023 pagi.

"Serial vlog tersebut tidak menghasilkan keuntungan melalui iklan atau cara lainnya,” tulis agensi.

"Sejak dibuatnya 'So This Is The Place?' serta ketika berlanjut dengan subtitel bahasa Inggris, pendorong satu-satunya bagi Kim Tae Ri adalah penggemar."

Baca Juga : NewJeans Pastikan Comeback Juli 2023

"Satu-satunya tujuan utama permintaan bantuan penerjemahan adalah untuk membuat vlog lebih mudah diakses oleh penggemar internasional."

Akan tetapi, terlepas dari maksud dan tujuan kami, kami mengakui dan sangat menyesali pengumuman ini terus disebarkan tanpa akhir oleh orang-orang.”

Agensi Mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah berniat sedikit pun mengambil keuntungan dari fans pada proses produksi vlog ini. Kalaupun ada, agensi menyatakan akan memberikan kompensasi dengan adil.

Baca Juga : Awet Muda Jerry Yan Usia 46 tahun, Ini Profil Pemeran Dao Ming Se di Meteor Garden

“Kami ingin membayangkan bahwa tidak pernah ada niat kami untuk mengambil keuntungan dari siapa pun dalam proses produksi 'So This Is The Place?' Ketika ada keadaan yang membutuhkan kompensasi, kami berpikir bahwa itu diberikan dengan cara yang adil.”

Agensi pun meminta maaf atas dampak yang terjadi karena kontroversi yang muncul ini.

Kami dengan tulus meminta maaf sekali lagi atas dampak yang mungkin ditimbulkan oleh keputusan kami,” tutupnya.

Pernyataan agensi serta permintaan maaf yang telah disampaikan ini tidak membuat netizen memahami pemikiran Kim Tae Ri dan agensi.

Baca Juga : Jennie BLACKPINK Tampil Anggun di Red Carpet Cannes Film Festival 2023

Netizen pun masih tetap melayangkan protes terhadap agensi dan sang artis.

Kim Tae Ri Minta Maaf Langsung

Menyusul hal ini, Kim Tae Ri juga membuat surat permintaan maaf melalui media sosial Instagramnya.

Kim Tae Ri membuat dua unggahan dengan warna latar hitam polos dan menuliskan pernyataan dan permintaan maaf melalui dua bahasa, yaitu bahasa Korea dan bahasa Inggris.

Melalui akun Instagram @kimtaeri_official, Kim Tae Ri menuliskan, "Pertama-tama, saya meminta maaf atas masalah yang telah saya buat. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf kepada semua orang yang tidak nyaman karena saya.”

Baca Juga : Catat Tanggalnya! Lee Jong-suk Bakal Gelar Fan Meeting di Jakarta Bulan Juli 2023

Ia menyatakan bahwa pernyataan yang ia buat ini terlambat karena tidak ingin membuat ketidaknyamanan lagi sehingga haru berhati-hati dalam mengatasi masalah ini.

“Karena saya khawatir masalah ini menyebabkan ketidaknyamanan yang berkelanjutan kepada banyak orang, saya berhati-hati dan tertunda dalam mengatasi masalah ini.”

Pada akhirnya, Kim Tae Ri menuliskan permintaan maaf ini pada Selasa, 23 Mei 2023 malam.

Baca Juga : Kejutan! Member aespa Buat Akun Instagram Pribadi, MY Wajib Follow

“Saya menulis untuk menyampaikan permintaan maaf saya kepada mereka yang mungkin kecewa pada saya.

Ia menjelaskan bagaimana ia terlibat langsung dalam proses produksi vlog ini karena sangat memikirkan fans.

“Saya merencanakan vlog sebagai cara untuk membayar cinta yang telah saya terima dari fans, dan saya telah terlibat langsung pada setiap tahapan proses produksi, mulai dari syuting, editing, hingga saat ini subtitel bahasa Inggris.”

Kim Tae Ri mengatakan bahwa penggemar internasional yang menonton vlognya ini bukan hanya penutur bahasa Inggris. Mereka juga meminta agar Kim Tae Ri menambahkan subtitel bahasa asal mereka.

Baca Juga : Jadwal Konser Suga BTS di Jakarta dan Cara Penukaran Tiketnya

Saya pikir ini mungkin cara yang lebih lengkap untuk membalas fans. Sejak video dirilis, penggemar dari berbagai negara, bukan hanya pengguna bahasa Inggris, telah meminta subtitel bahasa asal mereka.”

“Melihat bahasa yang berbeda (berkomentar) di bawah video membuat saya berpikir tentang betapa hebatnya jika mereka bisa menikmati video dengan subtitle dalam bahasa mereka sendiri.”

Karena niatnya untuk semakin dekat dengan fans, Kim Tae Ri mengaku bahwa ia melewatkan hal yang penting daripada memberikan subtitel bahasa asing kepada fans.

Baca Juga : aespa Raih Gelar Double Million Seller Berkat Mini Album MY WORLD

“Tapi karena saya begitu fokus pada ide untuk menyelesaikan sesuatu yang berarti dengan penggemar saya, saya gagal untuk mendekati masalah yang paling penting dengan hati-hati. Jelas, saya ceroboh.”

Karena ia sadar telah berbuat kesalahan besar, Kim Tae Ri akhirnya meminta maaf kepada penggemar.

“Saya seharusnya tidak mendekati penggemarku seolah-olah saya meminta donasi bakat. Itu adalah kesalahan yang jelas, dan saya sangat merenungkan fakta bahwa saya sendiri tidak menyadarinya. Saya minta maaf kepada semua orang yang mungkin merasa tidak nyaman karena pikiran dan tindakan saya yang picik.”

Baca Juga : XODIAC Gelar Showcase Tour di Eropa dalam Perilisan Mini Album Throw A Dice

“Saya sadar bahwa permintaan maaf yang tulus lebih penting daripada apa pun. Saya mengirim email permintaan maaf kepada semua orang yang dengan baik hati menawarkan bantuan dalam pekerjaan penerjemahan.”

“Sekali lagi, aku sungguh minta maaf,” tutup Kim Tae Ri mengakhiri pernyataannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link