Beranda / Tekno

Perusahaan Asal Jepang Jual Motor Terbang Pertama di Dunia, Berminat?

Terasjakarta.id - Jumat, 24 Februari 2023 | 12:35 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Motor terbang pertama di dunia, XTURISMO asal Aerswin Tecnologies akan dipasarkan tahun ini. (Instagram/@xturismo_official)

Motor terbang pertama di dunia, XTURISMO asal Aerswin Tecnologies akan dipasarkan tahun ini. (Instagram/@xturismo_official)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID – Perusahaan asal Jepang, Aerwins Tecnologies akan menjual motor terbang pertama di dunia yang dibeni nama Hoverbike XTURISMO.

Berdasarkan situs resmi Aerwins Technologies, motor terbang yang diciptakannya itu terinspirasi dari Star Wars serta manifestasi dari impian berkendara di udara.

Terciptanya motor terbang pertama di dunia ini adlaah perwujudan dari impian mobilitas udara yang berupaya menciptakan cara yang benar-benar baru untuk mengalami dunia.

Baca Juga : Kemenperin Ingatkan Subsidi Motor Listrik Tidak Boleh Salah Sasaran

Sehingga, dengan terciptanya XTURISMO ini pengguna motor tersebut dapat merasakan kegembiraan dan kesenangan bergerak bebas.

Motor terbang XTURISMO akan dijual di Amerika Serikat pada tahun 2022 dengan harga sekitar Rp11,8 miliar.

Aerwins Tecnologies menciptakan XTURISMO dengan tujuan untuk penggunaan di kota yang padat.

Selain itu, Aerwins Tecnologies juga mengatakan bahwa motor terbang yang diciptakannya itu bisa digunakan untuk bantuan bencana, misi pencarian dan penyelamatan, hingga inspeksi infrastruktur.

Baca Juga : Bersiap, Pemerintah Beri Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta

Perusahaan Jepang itu juga telah resmi bergabung dengan Pono Capital Corp dan baru saja terdaftar di Nasdaq untuk menambah ekspansi globalnya sebagaimana yang dilaporkan Gizmodo.

XTURISMO telah memulai debutnya di Amerika Serikat pada September 2022 di Detroit Auto Show dengan membawa sejumlah peserta untuk diuji cova. Salah satu peserta yang hadir adalah Thad Szott selaku Co-Chair Detroit Auto Show.

Sebelumnya, Aerwins Tecnologies sebelumnya telah memamerkan XTURISMO pada tahun 2021 dan mengklaim bahwa motor terbang pertama di dunia itu sudah layak dan siap dipasarkan.

XTURISMO hadir dengan dua rotor tengah besar yang ditenagai oleh motor Kawasaki Bertenaga 228 hp, yaitu sebuah mesin yang dirancang untuk sepeda motor.

Baca Juga : Motor Listrik Unjuk Gigi di IIMS 2023, Dirut PLN Berikan Diskon 30% Pengisian Baterai

Kemudian, terdapat juga empat kipas kecil di tepi luar kendaraan yang ditenagai motor listrik untuk memberikan stabilitas.

XTURISMO ini diklaim dapat terbang selama 40 menit dengan kecepatan yang mencapai 80-100 km per jam. Motor terbang pertama di dunia ini memiliki bobot sebesar 300 kg.

Penggunaan motor terbang ini menggunakan pembakaran internal dan baterai (kontrol otonom melalui sistem kontrol elektrik) dengan muatan yang disarankan 100kg.

Pada 26 Januari 2023 lalu, XTURISMO untuk pertama kalinya diterbangkan di atas pemukaan Danau Yamanaka, Jepang.

Baca Juga : Motor Listrik United E- MOTOR MX-1200 Meluncur di IIMS 2023, Dijamin Ramah Dikantong

XTURISMO itu terbang atau melayang di atas perairan Danau Yamanaka dengan latar belakang Gunung Fuji, Jepang.

Dengan terciptanya XTURISMO ini, Aerwins berharap dapat memperluas bisnis dalam kancah global untuk membangun infrastruktur udara dan mewujudkan masyarakat mobilitas udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link