Beranda / Tekno

Microsoft Resmi Luncurkan Copilot, Apa Itu?

Terasjakarta.id - Sabtu, 18 Maret 2023 | 21:20 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Baru-baru ini Microsoft baru saja umumkan perilisan Copilot yang bertenaga kecerdasan buatan (AI) untuk aplikasi dan layanannya. (Unsplash)

Baru-baru ini Microsoft baru saja umumkan perilisan Copilot yang bertenaga kecerdasan buatan (AI) untuk aplikasi dan layanannya. (Unsplash)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Baru-baru ini Microsoft baru saja umumkan perilisan Copilot yang bertenaga kecerdasan buatan (AI) untuk aplikasi dan layanannya.

Dengan mengusung Microsoft 365, Copilot AI adalah aplikasi yang dirancang supaya dapat membantu semua orang dalam membuat dokumen, email, presentasi dan lainnya.

Copilot sendiri didukung oleh GPT-4 dari Open-AI, nantinya Copilot akan duduk bersama dengan aplikasi Microsoft 365 seperti asisten.

Kemudian akan muncul sidebar sebagai chatbot untuk memungkinkan pengguna office untuk menghasilkan teks dalam dokumen, membuat presentasi di PowerPoint berdasarkan dokumen Word, atau bahkan membantu menggunakan fitur seperti PivotTable di Excel.

Baca Juga : Sony Rilis Kamera Khusus Tunanetra, Simak Kecanggihannya

Melansir dari The Verge, Kepala Microsoft 365, Jared Spataro mengatakan bahwa mereka bekerja sama, untuk aplikasi digunakan jutaan orang setiap hari seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Teams, dan lainnya.

"Copilot sendiri bekerja dengan cara yang benar-benar baru," kata Jared pada (18/3/2023).

Pengguna Microsoft 365 dapat memanggil Copilot untuk memberikan informasi mengenai rapat Microsoft Teams yang akan datang, mempersiapkan tentang pembaruan proyek, dan perubahan organisasi, serta pembaruan tentang rekan kerja.

Baca Juga : Microsoft Rilis ChatGPT-4 Hari Ini, Apa Perbedannya dengan ChatGPT-3.5?

Aplikasi AI ini dapat digunakan di seluruh aplikasi Microsoft Office.

Misalnya, di Word dapat menyusun dokumen berdasar file lain. Serta teks yang dihasilkan AI ini dapat diedit dan diadaptasi secara bebas.

Selain itu, dikarenakan Copilot adalah chatbot, maka semua orang dapat memintanya untuk membuat presentasi PowerPoint 10 slide berdasarkan word yang menganalisis atau format data excel.

Copilot AI juga terdapat Microsoft Outlook sehingga semua orang dapat menghapus dan merespons email. Pesan email dapat diringkas serta Copilot bahkan dapat mencatat draf tanggapan sesuai dengan panjang atau nada email.

Spataro mengatakan bahwa membangun Copilot tidak hanya menghubungkan dari ChatGPT ke Microsoft 365. Namun, aplikasi AI ini menggabungkan semua aplikasi Microsoft 365 dengan data AI Microsoft Graph dan GPT.

Baca Juga : Awas Penipuan! Curi Data Pribadi Berkedok Link Update SATUSEHAT

Tak hanya itu, Microsoft juga berencana akan merilis Fitur Obrolan Bisnis yang nantinya dapat berfungsi di semua data dan aplikasi Microsoft 365.

Sebelumnya, diketahui saat ini Microsoft masih menguji Copilot Microsoft 365 dengan 20 pelanggan saja.

Dan, nantinya akan diperluas sesuai dengan pratinjau dalam beberapa bulan yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link