Beranda / Travel

5 Kelenteng di Indonesia yang Bisa Dijadikan Destinasi saat Imlek

Kamis, 19 Januari 2023 | 16:00 WIB
SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Daftar klenteng yang bisa dijadikan destinasi wisata saat Imlek. (Unsplash/Yassin Nur Fadhilah)

Daftar klenteng yang bisa dijadikan destinasi wisata saat Imlek. (Unsplash/Yassin Nur Fadhilah)

Penulis : Sasaa
Editor : Sasaa

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Tahun Baru Imlek menjadi perayaan yang penting bagi masyarakat Tionghoa. Bagi masyarakat Tionghoa, kelenteng menjadi tempat ibadah untuk pemeluk Tridharma, yaitu Konghucu, Taoisme, dan Buddha.

Selain menjadi tempat ibadan, kelenteng juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang bida dikunjungi oleh wisatawan. Di Indonesia, banyak kelenteng dengan keunikan dan ciri khas yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Menjelang perayaan Imlek, banyak kelenteng yang berada di Indonesia yang dapat dikunjungi untuk beribadah atau sekedar menikmati budaya dari kelenteng tersebut.

Untuk itu, berikut kelenteng di Indonesia yang bisa dijadikan pilihan untuk dikunjungi.

1. Kelenteng Tay kak Die

Baca Juga : Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 yang Penuh Makna

Kelenteng Tay Kak Sie terletak di Jalan Gang Lombok, Semarang, Jawa Tengah. Kelenteng ini merupakan salah satu kelenteng yang memiliki keunikan.

Keunikan tersebut yakni kelenteng Tay Kak Sie dihiasi oleh beraneka ragam simbol dan ornamen yang umumnya ditemui pada abad ke-19.

Kelenteng ini juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata untuk merayakan Hari Raya Imlek. Ketika mengunjungi Kelenteng Tay Kak Sie, kamu dapat melihat secara jelas replika kapal Laksamana Cheng Ho yang bisa ditemui saat memasuki gerbang utama.

2. Kelenteng Cu An Kiong

Destinasi selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Kelenteng Cu An Kiong.

Baca Juga : Selain Lampion, Ini 3 Dekorasi Imlek yang Diyakini Membawa Keberuntungan di Rumah Tionghoa

Kelenteng Cu An Kiong ini terletak di Jalan Dasun No. 19 Soditan, Rembang, Jawa Tengah. Kelenteng Cu An Kiong memiliki keunikan desain dengan corak kayu warna-warni yang membuat kelenteng itu terlihat megah.

Kelenteng ini juga bisa membuat pengunjung melihat altar yang pernah digunakan oleh Makco Siang Sing Bo, yang mana ia merupakan dewi laut yang menjadi kepercayaan orang Tionghoa.

3. Kelenteng Tri Dharma Candra Nadi

Kelenteng selanjutnya yang dapat dikunjungi saat libur Imlek adalah Kelenteng Tri Dharma Candra Nadi. Kelenteng Tri Dharma Candra Nadi ini merupakan kelenteng tertua di Palembang.

Kelenteng ini diketahui pernah dijadikan sebagai pusat pengobatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga : Kapan Tahun Baru Imlek 2023? Catat Tanggalnya

Kelenteng Tri Dharma Candra Nadi ini menjadi kelenteng yang lebih ramai dikunjungi. Hal ini dikarenakan berbagai prosesi ibadah masyarakat Tionghoa yang ada di Palembang kerap digelar di kelenteng tersebut.

Kelenteng ini memiliki keunikan dengan banyaknya altar yang berisi patung Buddha Gautama, Bodhistva, dan juga Dewi Kwan Tee.

4. Kelenteng Xian Ma

Kelenteng Xian Ma terletak di di Makasar yang memiliki desain yang oriental. Kelenteng ini memiliki desain bangunan yang didominasi warna merah dan emas.

Selain itu, Kelenteng Xian Ma terdapat patung Nam Maitreya yang berada di bagian depan gedung kelenteng.

Baca Juga : Kue Keranjang jadi Makanan Khas Imlek, Begini Makna dan Sejarahnya

Ketika masuk ke dalam gedung, beberapa altar dan tempat sesaji yang disiapkan untuk menghormati para dewa dapat disaksikan.

Kelenteng Xian Ma ini memiliki keunikan. Hal ini dikarenakan kelenteng ini berdiri di bangunan berlantai enam seperti ruko yang dilengkapi dengan patung Dewa yang berbeda.

5. Kelenteng Hong Tiek Hian

Kelenteng tertua di Surabaya ini terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Kelenteng ini memiliki keunikan dan ciri khas karena dibangun pada zaman Kaisar Ku Bi Lai Khan dengan tujuh bangunan pagoda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    SHARE
    Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link