Beranda / Travel

Hobi Wisata Kuliner?, Ini Hidangan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Cicipi

Senin, 23 Januari 2023 | 15:17 WIB
SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
cakalang fufu (ist)

cakalang fufu (ist)

Penulis : Archi
Editor : Archi
JAKARTA - TERASJAKARTA.ID, Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam budaya, suku, dan ras serta kaya akan berbagai macam rempah-rempah. Keberagaman dan kekayaan tersebut pada akhirnya menciptakan banyak hidangan khas negeri yang mungkin belum pernah kamu cicipi sebelumnya. Rendang, Nasi Goreng, dan Sate, merupakan beberapa makanan khas Indonesia yang saat ini sudah diakui dunia dan tidak asing lagi di mulut kita semua.
 
Menurut penelitian dari pakar kuliner senior Prof. Dr Ir Murdijati Gardjito, pada tahun 2019 terdapat 3.259 hidangan khas Indonesia. Daftar itu tentunya akan terus bertambah, mengingat daftar tersebut hanya berisi makanan khas dari setiap provinsi yang memiliki nama, belum termasuk makanan khas di daerah terpencil serta kuliner yang baru tercipta.
Memasuki tahun 2023, tentunya kamu harus mencicipi makanan khas Indonesia lain yang tentunya dapat memanjakan lidah! Kali ini, RedDoorz memberikan beberapa makanan khas dari lima daerah di Indonesia yang wajib kamu cicipi tahun ini, terlebih lagi untuk kamu yang hobi wisata kuliner, yuk simak informasinya!
 
1. Pindang Gombyang Ikan Manyung gurih asal Indramayu, Jawa Barat

pindang gombyang ikan manyung (ist)

pindang gombyang ikan manyung (ist)

Saat mendengar Indramayu, pasti tidak jarang dari kalian memikirkan buah Mangga yang khas dari daerah tersebut. Walau lebih dikenal sebagai daerah penghasil mangga, Indramayu juga memiliki hidangan khas yang wajib kamu coba, lho! Saat berkunjung ke Indramayu, kamu wajib mencicipi Pindang Gombyang, kuliner dengan bahan utama kepala ikan manyung yang kemudian dimasak menggunakan bumbu kuning. Rasa asam manis dan gurih dari kuah Pindang Gombyang, serta kelembutan tekstur daging kepala ikan manyung menjadi rasa yang akan dirindukan para wisatawan ketika berkunjung.
 
Masakan khas satu ini lebih cocok disantap saat masih hangat agar cita rasa dalam pindang gombyang terasa lebih enak, apalagi sembari menikmati pemandangan di pesisir pantai. Saat mengunjungi Indramayu untuk mencicipi hidangan lezat ini, kamu dapat beristirahat di RedDoorz Syariah @ Haurgeulis yang berlokasi strategis di Kabupaten Indramayu.
 
2. Cakalang Fufu dengan aroma khas asal Tomohon, Sulawesi Utara

cakalang fufu (ist)

cakalang fufu (ist)

Kota yang dikelilingi tujuh gunung, tujuh air terjun serta tujuh danau ini, selain dikelilingi pemandangan yang indah juga memiliki hidangan khas yang unik. Salah satunya adalah Cakalang Fufu, yang memanfaatkan ikan cakalang sebagai bahan utama yang dimasak di atas asap sehingga berubah warna menjadi sedikit kehitaman. Jangan takut dengan bentuknya, saat dicampur dengan bumbu serta sambal dabu-dabu yang segar, hidangan cakalang fufu memberikan rasa sedap yang khas saat disantap!
 
Dengan Cakalang Fufu yang dikeringkan saat diasap, ikan ini dapat dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama yang membuatnya cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti cakalang fufu sambal roa suwir maupun mie kuah. Kalau kamu berencana untuk menyantap cakalang fufu langsung di Tomohon, kamu dapat menginap di Sky Residence Tomohon RedPartner untuk menjelajahi Tomohon lebih lanjut.
 
3. Tempoyak Ikan Patin yang unik asal kota Jambi, Provinsi Jambi

Tempoyak Ikan patin (ist)

Tempoyak Ikan patin (ist)

Apa kamu familiar dengan kata tempoyak? Ya! Tempoyak adalah hasil fermentasi dari buah durian. Provinsi Jambi yang terkenal daerah penghasil buah durian, salah satu hidangan khas mereka mengandung buah tersebut, lho! Ikan patin diolah dengan tempoyak dengan cara difermentasi selama tiga hari, lalu dicampur rempah-rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Cita rasanya segar dan nikmat, perpaduan antara rasa pedas, manis dan asam menyatu dan tentunya menggugah selera.
 
Jangan sampai kamu melewatkan santapan lezat ini saat berkunjung ke Jambi. Apabila kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke kota Jambi, kamu dapat beristirahat di RedDoorz Premium @ Hotel Ratu Residence atau RedDoorz near Sultan Thaha Airport Jambi.
 
4. Kepiting Kenari yang manis dan segar asal Balikpapan, Kalimantan Timur

kepiting kenari (ist)

kepiting kenari (ist)

Balikpapan memiliki wisata kuliner melimpah yang wajib kamu coba, dan terkenal dengan olahan seafood-nya. Berkunjung ke Balikpapan belum lengkap jika belum mencicipi olahan kepiting, salah satunya adalah kepiting kenari. Kepiting kenari ini adalah jenis kepiting laut yang mengkonsumsi buah kelapa segar yang konon membuat daging kepiting kenari lebih manis dan enak. Olahan kepiting kenari ini sendiri bisa berupa kepiting rebus, lada hitam, saus padang, saus tiram dan lain sebagainya.
 
Selain dimakan di tempat, kepiting ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, lho. Tentunya, kamu juga dapat menginap di RedDoorz Plus near Sepinggan Airport 3 dan RedDoorz near E Walk Mall Balikpapan saat mengelilingi Balikpapan dan surga kulinernya!
 
5. Itik Gambut yang pedas nan manis asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan

itik gambut (ist)

itik gambut (ist)

Ketika mengunjungi Banjarmasin, banyak yang ingin mencicipi Soto Banjar. Namun, ada hidangan khas Banjarmasin yang tidak kalah enaknya, yaitu Itik Gambut. Hidangan ini cocok untuk kamu yang gemar makan makanan dengan cita rasa gurih. Olahan nasi dan itik yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Banjar memiliki cita rasa pedas nan manis yang menyerap hingga ke dalam daging itik.
 
Selain itu, makanan ini umumnya disajikan dalam bungkusan daun pisang. Alhasil, aroma sedap dari masakan ini akan semakin bertambah. Sembari menikmati kuliner khas Banjarmasin, jangan lupa untuk beristirahat di RedDoorz Near Jalan Pramuka Banjarmasin dan RedDoorz Near Taman Bekantan Banjarmasin.
Dengan Indonesia yang kaya akan keanekaragaman, RedDoorz ingin mengajak para wisatawan untuk mencicipi hidangan khas Indonesia yang berbeda di setiap daerahnya. “Kami mengajak para wisatawan untuk menelusuri negeri ini lebih jauh, dan menemukan banyak makanan khas Indonesia lainnya, terlebih memasuki era pasca-pandemi tahun ini yang membuka semua pintu kesempatan. RedDoorz hadir untuk memenuhi kebutuhan bepergian masyarakat, sebagai tempat singgah di daerah tujuan mereka,” ungkap Cut Nany, Head of Integrated Communication RedDoorz Indonesia.
 
Promo TAHUNBARU2023
 
Sebagai informasi tambahan, RedDoorz memiliki promosi berupa potongan harga sampai dengan 25% untuk kamu yang ingin berwisata di awal tahun 2023. Gunakan kode promo TAHUNBARU2023 di situs maupun aplikasi RedDoorz-mu di periode 7-23 Januari 2023 untuk mendapatkan promosi ini ya! Untuk informasi lebih lanjut, termasuk syarat dan ketentuan, silakan kunjungiwww.reddoorz.comdan unduh aplikasi RedDoorz di Google Play Store dan Apple App Store.
 
Itulah lima rekomendasi hidangan khas dari lima kota berbeda yang dapat kamu cicipi dan kunjungi bersama keluarga dan sahabat pada tahun 2023 ini! Kamu juga tidak perlu khawatir dengan akomodasi dan penginapan, karena kelima destinasi wisata di atas berada dekat dengan properti RedDoorz yang tersedia di 190 kota di seluruh penjuru Indonesia. Kemanapun perginya, nginap di RedDoorz Aja!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    SHARE
    Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link