Beranda / Jakarta Raya

Penyebab Kebakaran Gudang Lazada di Cengkareng Diduga Percikan Api dari Kabel Listrik

Terasjakarta.id - Jumat, 22 Maret 2024 | 09:28 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Kebakaran Gudang Lazada di Cengkareng

Penyebab kebakaran gudang Lazada di Cengkareng, Jakarta Barat diduga karena percikan api dari kabel listrik yang mengenai pallet di bawahnya. (Foto: Instagram @humasjakfire)

Penulis : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Dugaan sementara penyebab kebakaran gudang Lazada di Cengkareng, Jakarta Barat disampaikan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta.

Kebakaran melanda gudang Lazada di Jalan Pesing Poglar No. 8, RT 10 RW 2, Kelurahan Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan peristiwa kebakaran gudang Lazada di Cengkareng, Jakarta Barat terjadi pada Kamis, 21 Maret 2024 malam.

Baca Juga : Kebakaran di Cijantung Hanguskan Rumah dan 9 Angkot, Kerugian Ditaksir Rp1 Miliar

"(Lokasi) gudang Lazada. Awal kejadian Kamis, 21 Maret 2024 pukul 22.00 WIB," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan saat dihubungi Terasjakarta.id.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Dinas Gulkarmat DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya gudang dilalap si jago merah hingga hangus terbakar.

Berdasarkan rekaman video yang dibagikan melalui Instagram @humasjakfire, api berkobar besar dengan asap hitam yang membubung tinggi.

Si jago merah melalap hampir seluruh bangunan gudang.

Baca Juga : Kebakaran Lapak di Kedoya Selatan Kebon Jeruk, 15 Unit dan 75 Personel ke TKP

Terlihat sejumlah petugas tengah mengamankan barang-barang yang berada di dalam gudang tersebut.

Pengerahan awal sebanyak 17 unit dan 85 personel yang menuju ke TKP untuk melakukan pemadaman api.

Operasi pemadaman kemudian dimulai pada pukul 22.06 WIB.

Hampir satu jam perambatan api berhasil dilokalisir oleh petugas damkar.

"Setelah itu pukul 23.20 WIB proses pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap," tulis @humasjakfire dikutip Jumat, 22 Maret 2024.

Hingga Jumat pagi, petugas pemadam masih berjibaku melakukan pendinginan akibat kebakaran gudang Lazada di Cengkareng, Jakarta Barat tersebut.

Pendinginan dilakukan dengan mengerahkan 18 unit dan 90 personel.

"Masih berjibaku melakukan pendinginan dengan mengerahkan sebanyak 18 unit dan 90 personel," kata Gulkarmat DKI Jakarta.

Terkait penyebab kebakaran gudang Lazada di Cengkareng, Jakarta Barat diduga dari percikan api dari kabel listrik yang mengenai pallet di bawahnya.

"Dugaan sementara kebakaran disebabkan percikan api dari kabel listrik yang mengenai pallet di bawahnya," tulis Gulkarmat DKI Jakarta di Instagram.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Syarifudin menyebut ada tiga kesulitan utama dalam melakukan proses pemadaman.

"Pertama, selang (sumber air) pun agak jauh, yang dekat agak sulit, kemudian tumpukan barang plastik segala macam yang agak sulit dipadamkan dan karena area luas," kata Syarif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link