Beranda / Jakarta Raya

Petugas PPSU dan SDA Kelurahan Cijantung Sigap Tangani Turap Longsor

Terasjakarta.id - Rabu, 31 Januari 2024 | 17:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Turap longsor

Petugas PPSU dan Sudin SDA sigap atasi turap yang longsor di Jalan Swadaya RT 07 RW 06, Kelurahan Cijantung. (Foto: Dok. Jakarta Timur)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Petugas PPSU Kelurahan Cijantung atasi turap longsor di Jalan Swadaya RT 07 RW 06, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, pada hari ini Rabu 31 Januari 2024.

Perbaikan tersebut cepat diatasi oleh petugas PPSU dan Sumber Daya Air (SDA).

Diketahui, turap longsor ini diakibatkan hujan semalaman yang mengguyur wilayah Jakarta, ditambah kondisi turap yang memang sudah turun.

Baca Juga : Perbaikan Turap Kali Caglak Cibubur Ditargetkan Rampung Akhir November 2023

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Lurah Cijantung, Teguh Suharyono kepada Sudin Kominfotik Jakarta Timur.

"Turap longsor diakibatkan karena hujan, dan kondisinya memang sudah kurang baik, jalannya memang sudah turun. Turap yang longsor panjangnya 4 meter, lebar 3 meter dan tinggi 2 meter,"  ujar Teguh Suharyono dalam keterangnnya.

Ada sebanyak sembilan  petugas PPSU yang dikerahkan untuk melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah dan puing-puing longsor.

Baca Juga : Turap Amblas, Kelurahan Srengseng Sawah Buat Tanggul dari Kayu Dolken

"Untuk penanganan sementara dilakukan pengangkatan puing-puting batu dari saluran agar aliran air berjalan lancar." terangnya.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan pemasangan dolken sementara dan karung sebagai penanganan sementara.

"Petugas SDA (Sumber Daya Air) Kecamatan Pasar Rebo bersama PPSU telah melakukan memasang dolken dan karung, semoga kedepan segera diperbaki SDA" tambahnya.

Di lain sisi, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar mengimbau semua pihak untuk meningkatkan waspada dan kesiagaan ancaman cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem sendiri dikhawatirkan berdampak pada bencana alam seperti banjir atau pohon tumbang.

Dengan begitu, M. Anwar mengimbau agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Sudin terkait untuk memonitor dan memberikan keamanan bagi warga Jakarta Timur.

“Kita imbau BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Sudin terkait agar memonitor dan berikan rasa aman bagi seluruh warga Jakarta Timur, jika terjadi bencana agar dapat bersinergi bersama lintas sektor," terangnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga ancaman banjir dapat teratasi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link