Beranda / Jakarta Raya

Harapan BPBD DKI Soal Simulasi Penanggulangan Bencana dalam Pameran IIMS 2024 untuk Masyarakat

Terasjakarta.id - Senin, 19 Februari 2024 | 15:25 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Harapan dari BPBD DKI Soal Simulasi Penanggulangan Bencana dalam Pameran IIMS 2024 untuk Masyarakat

Harapan dari BPBD DKI terkait acara simulasi penanggulangan bencana di pameran IIMS 2024. (Instagram @bpbddkijakarta)

Penulis : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Harapan BPBD DKI terkait acara simulasi penanggulangan bencana di pameran IIMS 2024.

Sebelumnya, diketahui bahwa BPBD DKI telah menunjukkan gelaran simulasi dalam penanggulangan bencana di IIMS pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Baca Juga : BPBD DKI Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana di Pameran IIMS 2024, Berikan Edukasi Pada Masyarakat

Acara ini juga turut dihadiri oleh Kasubkel Bagian Umum dan Kepegawaian, Ketua Subkelompok Urusan Pengendalian dan Operasi serta TRC BPBD DKI Jakarta.

Dalam pameran tersebut, para tim BPBD DKI Jakarta menunjukkan sebuah “show of force” dan sekaligus untuk mengedukasi masyarakat.

Yang mana Show of force ini diberi tagline “Automotive Hero Day” yang digelar di pelataran konser musik IIMS Infinite Show di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Baca Juga : Upaya Mitigasi BPBD DKI Terhadap Banjir Rob yang Terjadi di 9 Wilayah Jakarta, Simak Informasinya!

Tak hanya itu, Isnawa Adji selaku Kepala Pelaksana BPBD DKI menyebutkan bahwa pihaknya mengapresiasi pihak Dyandra dan IIMS yang sudah memberi kesempatan pada BPBD DKI.

Lantaran, BPBD DKI dapat memberikan edukasi penanggulangan bencana dan menampilkan simulasi penanganan terhadap insiden kecelakaan lalu lintas 

Selain itu, Isnawa juga mengungkap bahwa BPBD DKI siap buka layanan Jakarta Siaga 112 yang bisa diakses publik selama 24 jam untuk masyarakat yang butuhkan pertolongan.

Baca Juga : BPBD DKI Imbau Warga untuk Waspada Terhadap Banjir Rob di 9 Wilayah

Kegiatan BPBD DKI dalam Pameran IIMS 2024

Selain itu, kiegiatan dari BPBD DKI yang bertajuk "Automotive Hero Day” ini terdiri dari 25 personel, 2 sepeda motor, 2 mobil komando, 1 mobil Layanan Dukungan Psikososial (LDP), serta 1 ambulans.

Lalu, selain adanya simulasi penanganan saat bencana dan kecelakaan lalu lintas, BPBD juga menampilkan 

prosedur panggilan darurat 112 dan penanganan pada korban patah tulang (dislokasi) juga diperagakan oleh tim BPBD DKI Jakarta.

Termasuk juga penanganan korban yang masih berada di dalam kabin agar bisa menjadi pelajaran berharga dalam gelaran pameran IIMS ini.

Di samping itu, "Automotive Hero Day" juga telah banyak melibatkan penonton agar bisa ikut dalam mendapat pengalaman untuk menyelamatkan korban.

Harapan BPBD DKI Pada Gelaran Simulasi Penanggulangan Bencana dalam Pameran IIMS 2024

Sementara, hadirnya BPBD DKI ini bisa menyosialisasikan kemudahan akses dalam menggunakan jasanya untuk membantu masyarakat ketika sedang terjadi bencana.

Selain itu, menurut Ketua Subkelompok Urusan Pengendalian dan Operasi BPBD DKI Muhamad Thoufiq Hidayatuloh mengatakan bahwa sebelum mengikuti pameran IIMS ini, instansi tersebut juga sering hadir dalam event PRJ hingga EDRR.

Thoufiq pun juga berharap dengan digelarnya sosialisasi BPBD DKI di pameran IIMS ini bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam menanggulangi bencana.

"Harapan BPBD masyarakat semakin meningkat pengetahuan dan wawasan terkait penanggulangan bencana serta kapasitas masyarakat untuk menghadapi situasi darurat," kata Thoufiq.

Thoufiq menambahkan bahwa penanggulangan bencana ini adalah tanggung jawab bersama dan membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat.

"Karena penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama sehingga dibutuhkan kolaborasi yg baik antara pemerintah masyarakat dan dunia usaha," ungkap Thoufiq saat dihubungi pada Senin, 19 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link