Beranda / Seleb

Lee Soo-man Resmi Dihapus dari Credit Lagu dan Album Artis SM Entertaiment

Terasjakarta.id - Rabu, 29 Maret 2023 | 23:15 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Nama Lee Soo-man sudah tidak terdaftar sebagai produser atau credit lagu artis-artis SM. (DOK. SM Entertaiment)

Nama Lee Soo-man sudah tidak terdaftar sebagai produser atau credit lagu artis-artis SM. (DOK. SM Entertaiment)

Penulis : Syifa Lulu Aulia
Editor : Syifa Lulu Aulia

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Lee Soo-man telah resmi dihapus namanya dari credit lagu-lagu dan album artis SM Entertaiment.

Melansir dari Yonhap News, SM Entertaiment memisahkan produksi eksklusif Lee Soo-man dan akan mulai implementasi dan mewujudkan visi SM 3.0 bersama pemilik saham terbesar yakni Kakao.

Diketahui, pada perilisan album solo Onew SHINee berjudul Circle yang baru saja dirilis awal bulan ini, yaitu tanggal 6 Maret 2023 nama Lee Soo-man masih tercantum sebagai daftar produser SM Entertaiment.

Baca Juga : Irene Red Velvet Bakal Rayain Ulang Tahun Bareng Fans! Intip Project Ultahnya

Namun pada perilisan mini album ketiga solo Kai EXO yang dirilis pada 13 Maret 2023, nama Lee Soo-man sudah tidak tercantum didalamnya.

Meskipun kini pemegang saham SM Entertaiment terbesar adalah Kakao, namun Kakao tidak akan mencampuri manajemen artis-artis yang berada dibawah naungan SM Entertaiment, seluruh manajemen akan diberikan sepenuhnya pada pihak manajemen dalam SM

Yonhap News juga mengatakan jika tampaknya penghapusan produser kali ini dilakukan sejak akhir tahun 2022 yaitu tanggal 31 Desember 2022 disaat kontrak lisensi produksi antara perusahaan swasta Lee Soo-man, Like Planing, dan SM Entertaiment berakhir.

Baca Juga : Jungkook BTS Jadi Global Brand Ambassador Calvin Klein, Tampil Kenakan Denim dan Pamer Perut Rata

Oleh sebab itu, SM Entertaiment beralih dari sistem produksi One-Top Lee Soo-man dan menuju Multi-Produksi, yang jelas terlihat dalam album repackage reguler ke-4 milik NCT 127 yang rilis pada 30 Januari 2023.

Di album NCT 127 sebelumnya, hanya tercantum nama Lee Soo-man sebagai credit karena produksi album ini dimulai sebelum kontrak bersama Like Planing berakhir.

Pemisahan Lee Soo-man juga telah diumumkan sejak 3 Februari 2023 yang disampaikan langsung oleh Co-CEO SM Entertaiment, Chris Lee dan Tak Young Joon.

Baca Juga : Yoo Ah-in Jalani Pemeriksaan Perdana Terkait Narkoba, Sampaikan Permintaan Maaf dan Akui Menyesal

Pada hari yang sama mereka juga mengumumkan visi untuk menciptakan SM 3.0 dan menyatakan rencana untuk meninggalkan sistem produksii Lee Soo-man dan beralih menjadi sistem produksi yang lebih beragam.

Dalam rangka mempercepat terealisasi SM 3.0 maka akan segera dilakukan rapat pemegang saham yang diadakan tanggal 31 Maret 2023 mendatang.

Hilangnya nama Lee Soo-man dalam credit produser artis SM Entertaiment merupakan buntut dari harga penjualan saham SM Entertaiment ke Kakao lalu HYBE Labels membantu Lee Soo-man dalam mempertahankan sisa saham agar tidak sepenuhnya Kakao menjadi pemegang saham terbesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link