Beranda / Jakarta Raya

Heru Budi Berencana Bangun Food Estate di Kepulauan Seribu di 2025

Terasjakarta.id - Selasa, 19 Maret 2024 | 18:07 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Heru Budi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berencana mengembangkan food estate atau lumbung pangan di Kepulauan Seribu. (Foto: ist)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, berencana membangun food estate atau lumbung pangan di Kabupaten Kepulauan Seribu di tahun 2025 mendatang.

Hal ini disampaikan Heru Budi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tahun 2024 Kabupaten Kepulauan Seribu pada Selasa, 19 Maret 2024.

“Kita melihat kebutuhan bahan pokok semakin berkurang di dunia. Maka, pada 2025 dan seterusnya memang harus dipikirkan Kepulauan Seribu menjadi lumbung pangan bagi masyarakat DKI Jakarta,” kata Heru Budi. 

Baca Juga : Walah! Heru Budi Bilang Drainase di Jakarta Tak Sanggup Hadapi Hujan Lebat di Atas 5 Jam

Alasan Kepulauan Seribu dipilih jadi tempat pengembangan food estate lantaran wilayah tersebut merupakan kawasan perairan yang kaya akan hasil laut, seperti ikan, rumput laut, ganggang, dan sebagainya.

Untuk itu, Heru meminta perlu adanya sinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

“Harapan saya, bupati dan jajarannya, bersama tokoh masyarakat, serta seluruh pengusaha yang bergerak di lingkungan pariwisata dapat mendukung hal ini untuk mewujudkan masyarakat Kepulauan Seribu yang sejahtera,” katanya.

Heru Budi terus mengupayakan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat Kepulauan Seribu, mulai perumahan dalam bentuk rumah susun hingga lahan pemakaman.

Dia pun meminta Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (CKTRP) Dan Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Bappekab) Kepulauan Seribu segera melakukan kajian terkait struktur bangunan dan lahan. 

Baca Juga : Heru Budi Klaim Angka Stunting di Cilincing Turun 27 Persen

“Juga dipikirkan landasan hukumnya untuk pembangunan multiyears,” tambahnya menjelaskan.

“Semoga apa yang kami ikhtiarkan dapat menjadi sukses untuk Jakarta dan berdampak bagi masyarakat Kepulauan Seribu, serta bagi masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link