Beranda / Jakarta Raya

Jelang Lebaran 2024, Pemprov DKI Tambah Jumlah Lokasi, Variasi Produk, dan Mitra Sembako Murah

Terasjakarta.id - Kamis, 28 Maret 2024 | 13:40 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link
Pemprov DKI Kembali Hadirkan Program Sembako Murah Jelang Ramadan, Warga sangat Antusias

Pemprov DKI tambah jumlah lokasi, variasi produk, dan mitra untuk menyukseskan Mitra Sembako Murah jelang Lebaran 2024. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Jelang Lebaran Idulfitri 2024, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kembali Sembako Murah di Depo LRT, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kegiatan yang diselenggarakan Kamis, 28 Maret 2024 ini bertujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat di pertengahan Ramadan 1445 H.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau langsung lokasi dan proses pelaksanaan program Sembako Mudah ini bersama Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim.

Baca Juga : 3.000 Paket Sembako Murah di Cengkareng Ludes Terjual, Warga Minta Digelar Rutin

Pada kunjungannya ini, Heru mengapresiasi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan LRT Jakarta serta Bank Indonesia Perwakilan Jakarta.

Ketiganya merupakan mitra yang mendukung penyediaan bahan pangan serta memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan dan distribusi pangan.

"Di sini tersedia 3.000 paket sembako, yang terdiri dari paket sembako reguler dan paket sembako plus yang mendapatkan tambahan daging sapi sebagai sumber protein hewani," ujar Pj. Gubernur Heru.

Pemprov DKI, lanjut Heru, terus berupaya melakukan inovasi dan perbaikan dalam program Sembako Murah.

Salah satu langkahnya adalah dengan menambah lokasi, variasi produk, dan mitra dalam menyukseskan kegiatan.

"Jadi, hal pertama yang akan kami lakukan adalah pemanfaatan aset-aset Pemprov DKI Jakarta sebagai lokasi distribusi pangan, sehingga mudah dijangkau masyarakat dan dapat dikondisikan dengan baik untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat," papar Heru.

Baca Juga : Serbu! Pemprov DKI Siapkan 3 Ribu Paket Sembako Murah untuk PJLP di Balai Kota

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati menjelaskan, Sembako Murah, Perumda Pasar Jaya dan Perumda Dharma Jaya turut menyediakan bahan pangan dalam bentuk eceran dengan harga di bawah pasar.

Pangan yang dijual dalam bentuk eceran ini meliputi komoditas hewani (telur ayam, daging ayam, daging sapi, daging slice cumi, ikan dori, dan lain-lain) dan pangan kebutuhan lebaran (sirup, biskuit, kacang kupas, cabai, serta bawang merah).

Adapun kondisi harga pangan di Jakarta memang terpantau mengalami kenaikan di beberapa komoditas.

Kendati demikian, kenaikan harga komoditas seperti beras, telur ayam, daging ayam, dan gula pasir ini dinilai masih dalam kondisi wajar.

Mengingat, kerap terjadinya kenaikan permintaan di pasar menjelang Lebaran Idulfitri.

Selain harga, ia memastikan ketersediaan pangan di Jakarta dalam kondisi cukup.

Baca Juga : Pemprov DKI Sudah Menjual 68.146 Paket Sembako Murah

Sehingga, masyarakat tidak perlu melakukan panic buying.

"Warga cukup membeli bahan pangan sesuai dengan kebutuhannya, karena ketersediaan pangan kita terpenuhi," lanjutnya.

Kemudian, pihaknya melakukan survei lapangan sehingga diketahui bahwa masyarakat ingin berbagai retail turut menyediakan stok murah, selain yang ada di Dharma Jaya dan Pasar Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link