Beranda / Jakarta Raya

Pemprov DKI Pastikan Stok Gas Elpiji 3 Kg Aman Jelang Lebaran, Harganya Juga Stabil

Terasjakarta.id - Kamis, 4 April 2024 | 17:00 WIB

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta Hari Nugroho memastikan ketersediaan tabung gas Elpiji 3 Kg aman saat jelang Lebaran 2024. (foto: ist)

Penulis : Cahyono
Editor : Cahyono

JAKARTA, TERASJAKARTA.ID - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Provinsi DKI Jakarta memastikan ketersediaan stok, pendistribusian dan kestabilan harga gas elpiji tiga kilogram aman menjelang Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, alokasi kuota elpiji tiga kilogram tahun 2024 yang diberikan Dirjen Migas untuk DKI Jakarta sebesar 417.234 Metrik Ton (MT) atau sebanyak 139.081.000 tabung.

“Sedangkan realisasi pendistribusian elpiji tiga kilogram sampai dengan Maret 2024 sebesar 102.677 Metrik Ton atau sebanyak 34.225.798 tabung,“ ujar Hari dikutip dari beritajakarta.id pada Kamis, 4 April 2024.

Baca Juga : Camkan! ASN di Jakarta Pusat Dilarang Pakai Gas Elpiji 3 Kg, Kecuali Kepepet

Ia menyampaikan, Dinas Nakertransgi DKI Jakarta beserta PT Pertamina dan Hiswana Migas terus melakukan monitoring ketersediaan stok dan pendistribusian elpiji tiga kilogram ke agen dan pangkalan di Jakarta.

Tujuannya, untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan elpiji dapat terpenuhi terutama di hari besar keagamaan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya ada peningkatan permintaan dan seperti kita ketahui apabila adanya lonjakan permintaan biasanya diikuti dengan kenaikan harga,” ujar Hari.

Ia menjelaskan, hasil monitoring di beberapa agen dan pangkalan, belum ada lonjakan permintaan gas melon di tengah masyarakat. 

“Apabila nantinya ada lonjakan, kami dan PT Pertamina telah mengantisipasi dengan mempersiapkan kuota fakultatif,” ucap Hari.

Baca Juga : Alhamdulillah, Stok Gas Elpiji 3 Kg di Jakarta Aman Jelang Ramadan, Tidak Ada Kenaikan Harga

Sebagai informasi, harga di tingkat subpenyalur atau pangkalan sampai saat ini masih sesuai dengan Pergub Provinsi DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Harga Eceran Tertinggi Liquefied Petroleum Gas Tabung 3 Kilogram di Tingkat Pangkalan. 

Berikut daftar harga gas elpiji 3 Kg di tingkat subpenyalur:

  • Kota Administrasi Jakarta Pusat Rp16.000
  • Kota Administrasi Jakarta Utara Rp16.000
  • Kota Administrasi Jakarta Barat Rp16.000
  • Kota Administrasi Jakarta Selatan Rp16.000
  • Kota Administrasi Jakarta Timur Rp16.000
  • Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Rp18.500 
  • Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Rp19.500.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

SHARE
Share Whatsapp Share Facebook Share Twitter Share Link